Tanya Jawab Hukum Indonesia (asiamaya.com)

Ini juga pertanyaan pertanyaan tentang hukum indonesia nek ra..

  1. Apa bedanya notaris dan PPAT (pejabat pembuat akte tanah, karena tugasnya sama yaitu persoalan pertanahan. (Jawaban)
  2. 1. Apa bedanya advocaat, pengacara dan konsultan hukum? 2. Apa ada standard cost utk meminta bantuan seorang pengacara/advocat/konsultan hukum? (Jawaban)
  3. Bagaimanakah definisi hukum secara umum menurut beberapa pakar? (Jawaban)
  4. Dengan ini kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan sumber-sumber tata hukum di Republik Indonesia, yang berkaitan dengan sistem pemerintahan, dalam hal ini terutama sistem pemerintahan pusat. Bahan-bahan ataupun informasi-informasi tersebut sangat kami butuhkan dalam rangka penyusunan paper bertema “Trias Politica”. Untuk lebih rincinya, masih dalam tahap peninjauan lebih dalam. Penyusunan ini dilatarbelakangi adanya hubungan sejarah yang tidak bisa dipisahkan antara sistem hukum Belanda dengan sistem hukum Indonesia, tanpa mengurangi respek pada adanya perubahan-perubahan pada sistem tersebut seiring perkembangan jaman. Sebagai penjelas, yang kami maksudkan sebagai sumber antara lain adalah UUD 1945 yang terbaru, beserta semua penjelasan dan Undang-Undang yang berhubungan dengannya (c.q. Sistem Pemerintahan Pusat). (Jawaban)
  5. Istilah-istilah hukum pada putusan hakim dalam mengadili perkara seperti : pasal, juncto, subsider dan istilah-istilah yang sering muncul pada suatu sidang. (Jawaban)
  6. Bagaimana proses dan prosedur kontrak (Jawaban)
  7. Hukum mengenal adanya usia dewasa dan belum dewasa. Usia berapakah dapat disebut dewasa? (Jawaban)
  8. Di Indonesia pada usia berapakah untuk hubungan seksual diperbolehkan? (Jawaban)

hmmm menarik pertanyaan yang terakhir.. he he he

Further Reading

54 thoughts on “Tanya Jawab Hukum Indonesia (asiamaya.com)

  1. saya mau tanya tentang peraturan honor untuk pembicara yang kita undang dalam seminar2 yang kami adakan, & uang tips untuk service perabot kantor?

  2. apakah saya bisa memperoleh kiriman peraturan perundang-undangan yang dimunculkan dalam situs asiamaya ini? terima kasih.

  3. saya mau tanya bagaimana prosedur pengurusan surat surat tanah… yang mana selama ini tidak pernah ada surat baik dari rt sampai ke kades. tanah ini adalah tanah adat di sekitar pulau samosir.

    thanks.

  4. saya mau tanya apa yang membedakan ilmu hukum dengan ilmu lain yang memiliki objek kajian hukum?

    thanks.

  5. Adik saya pinjem motor bodong(tidak ada surat-suratnya)ke tukang ojek, ditengah jalan ada oknum POLISI katanya lagi rajia, trus motor itu diambil sama oknum POLISI tersebut.Sedangkan motor itu juga belinya dari POLISI Bagaimana caranya supaya lepas dari penggantian motor bodong(tidak ada surat-suratnya) tersebut? Terima Kasih.

  6. Akhir-akhir ini, saya sering mendapat telefon dari pihak bank HSBC, yang meminta pertanggung jawaban kepada saya untuk melunasi pinjaman kredit bank HSBC sejumlah Rp. 4.500.000 Rupiah, atas nama bapak mertua saya yang sudah meninggal dunia. Bila saya tidak mau membayar kredit tersebut, saya diancam akan didatangi oleh petugas yang akan menyita barang-barang kepunyaan saya senilai Rp. 4.500.000 rupiah. saya pribadi maupun istri saya (anak kandung satu-satunya almarhum, bapak mertua saya) sebelumnya, sewaktu bapak mertua saya masih hidup, tidak pernah merasa diamanahkan oleh almarhum bapak saya tentang urusan kredit terhadap bank HSBC. Dan saya maupun istri saya juga tidak pernah merasa diberitahu tentang perjanjian kredit sewaktu almarhum bapak mertua saya masih hidup. Cuma, sewaktu bapak masih hidup saya pernah satu kali ditelefon oleh pihak bank HSBC yang menanyakan kepada saya bahwa apakah benar saya anak almarhum bapak saya, tanpa menjelaskan maksud dari pertanyaan tersebut.
    Yang menjadi pertanyaan saya,apakah dalam hal ini, menurut hukum yang berlaku, saya harus membayar uang kredit mertua saya kepada pihak bank HSBC, walaupun saya maupun istri saya tidak tahu menahu dan tidak pernah dilibatkan dalam perjanjian kredit almarhum bapak saya kepada pihak HSBC.
    Pertanyaan kedua, dalam menyelesaikan masalah ini, apakah perli saya mendatangi kantor bank HSBC atau pihak bang HSBC yang harus datang ke rumah saya, dikarenakan dalam hal ini, saya khawatir dipojokkan oleh pihak bank karena saya awam dalam masalah hukum perdata dan hukum aturan-aturan Perbankan.
    Atas bantuan dan saran-sarannya, saya mengucapkan terima kasih.

  7. Sy meminjam uang disuatu bank dalam bentu RC&ANGSURAN,suatu ketika macet krn ush mengalami pailit.bagaimanakah cr memohon utk keringanan didlm pengambilan jaminan menurut undang2 perbankan kita.sampai brp persen keringanan yg diberikan pihak bank kpd kita,bagaimanakah cr memohon dispensasi baik itu keringanan pembyran/pun tempo pembyaran…..
    terimakasih ats jwbannya.

  8. Dalam akta pendirian perusahaan disebutkan bahwa keptusan tertinggi adalah yang diambil dalam Rapat umum pemegang saham (RUPS). Apakah RUPS bisa diselenggarakan jika salah satu dari pemegang saham tidak hadir (walaupun telah disurati berkali2)?. Jika Ya ,apakah pemegang saham yang hadir dapat mengambil keputusan tanpa melibatkan suara dari pemegang saham yg absen?. Sah kah hal ini dimata hukum ? dapatkah diberlakukan Voting dalam rapat . mohon penjelasan terima kasih

  9. ada yang mengatakan bahwa Perkap (peraturan kapolri) no 7 dan 8 tidak berlaku/syah karena tidak diundangkan dalam lembaran negara, yang ingin saya tanyakan adalah apa syarat syahnya suatau peraturan perundang-undangan khususnya Peraturan Kapolri tsb, mohon penjelasan karna kami prajurit gamang ………… yang kedua, apakah ada konsekwensi hukum dari suatu putusan yang diambil dari suatau peraturan yang belum syah ? mohon petunjuk……

  10. sy membeli kapling siap bangun dmn dlm memilih pd wkt itu diblok grandnya dpn lapangan utk fasilitas umum, stlh berjln sekian thn ternyata peruntukanya berubah mjd rmh tempat tinggal ,yg sy mau tnykan bisakah pihak developer digugat atas pembohongan publik?

  11. saya mau tanya,saya meminjamkan uang kepada seseorang dengan jaminan surat-surat tanah namun surat-surat tanah tersebut bukan milik yg bersangkutan yg meminjam uang kepada saya melainkan surat tersebut kepunyaan om dari si peminjam,dan yg terjadi ternyata si peminjam ini melarikan diri yg mau saya tanyakan
    1.apakah saya punya kuasa terhadap surat-surat tersebut dalam arti saya mempunyai hak untuk memiliki tanah tanah tersebut secara sah.
    2.jika saya tidak mempunyai hak terhadap surat-surat tanah tersebut sebaiknya apa yang harus saya lakukan

  12. pagi,siang,sore..
    saya sedang mempelajari hukum terutama hukum mengenai penanaman modal asing PMA, ada sebuah studi kasus yang belum dapat saya pecahkan. mungkin ada yang dapat membantu saya memberikan masukan / input.
    (*) pertanyaan nya seperti di bawah ini :
    ada sebuah perusahaan PMA yang yang komposisi pemegang saham nya sebagai berikut ;
    2 orang asing / WNA saham nya 26 persen + 23 persen
    2 orang Indonesia /mitra lokal /WNI saham nya sebesar 49 persen
    pertanyaan nya :
    A. apakah menurut hukum 2 orang WNI harus selalu solid ?
    B. bagaimana status salah satu pemegang saham asing WNA ketika Vote berpihak kepada mitra lokal?
    apabila ada dasar hukum nya tolong di sertakan. terima kasih

  13. ada pertanyaan yang harus dirubah / di ralat :
    (*) pertanyaan nya seperti di bawah ini :
    ada sebuah perusahaan PMA yang yang komposisi pemegang saham nya sebagai berikut ;
    2 orang asing / WNA saham nya 26 persen + 25 persen = 51 persen
    2 orang Indonesia /mitra lokal /WNI saham nya sebesar 49 persen
    pertanyaan nya :
    A. apakah menurut hukum 2 orang WNA harus selalu solid ?
    B. bagaimana status salah satu pemegang saham asing WNA ketika Vote berpihak kepada mitra lokal?
    apabila ada dasar hukum nya tolong di sertakan.
    C. apakah si WNA yang berpihak kepada mitra lokal itu dianggap ubsatain atau harus selalu bergabung secara hukum dengan sesama pemegang saham asing itu ?
    atas jawaban nya terima kasih.

  14. mw tnya,gimana proses hukum jika saya membeli seekor sapi kpd seseorang dengan tunai dan dikemudian hari ada beberapa org ngambil sapi tsb dikandang milik saya dan mengaku sapi tsb blm lunas,pdhl sdh dbyr tunai(apakah org2 yg ngambil tsb dapat dipidanakan??)

  15. tmn2,,.. mhon bantuannya, apa beda sistem hukum pada masa prakolonial, kolonial, dan pasca kolonial??
    please…

  16. Assalamu’alaykum wr wb

    Kami ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan sbb:

    1. Apakah dalam pemeriksaan/penyidikan awal, tersangka/terdakwa (yang
    dalam hal ini adalah kasus narkoba) wajib didampingi oleh pengacara
    hukum yang ditunjuk oleh Negara/Kepolisian? Mohon disertai dalil dalam
    undang-undang RI (pasal, ayat dan bunyinya).

    2. Apakah tersangka/terdakwa (yang dalam hal ini adalah kasus narkoba)
    setelah penangkapan diwajibkan untuk menjalani tes urine? Mohon disertai
    dalil dalam undang-undang RI (pasal, ayat dan bunyinya).

    3. Apakah sebelum penangkapan terhadap tersangka dan penggeledahan
    rumahnya, pihak kepolisian wajib menunjukkan surat penangkapan dan surat
    penggeledahan? Mohon disertai dalil dalam undang-undang RI (pasal, ayat
    dan bunyinya).

    Demikian pertanyaan kami dan terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    Wa’alaykumussalam wr wb.

    NB: Mohon penjelasan via email (mahbub.hardjanto@gmail.com)

  17. Rekan2…saya mau tanya, berapa “batas maksimum kecepatan kendaraan bermotor” pada jalan umum menurut undang-undang ataupun PP yang rekan2 tau?..terimakasih.

  18. saya ingin bertanya:
    bagaimana pengadilan bertindak jika dalam sidang mediasi “kasus sengketa tanah” si tergugat tidak perna hadir dengan alasan yang jelas,sedangkan sudah 4 kali panggilan sidang mediasi dilayangkan kepada tergugat,selama 4 minggu berturut turut ?
    mohon penjelasannya
    trimakasih !

  19. salam kenal,
    saya bekerja di sebuah perusahaan yg bergerak di bidang jasa (penginapan), kemarin tepatnya tgl 10 agustus 2011 pukul 23.45 wib, telah terjadi penangkapan terhadap salah satu tamu di penginapan tempat saya bekerja. Awal kejadian datang 2(dua) orang polisi berpakaian preman yg menayakan tentang keberadaan salah seorang tamu yg checkin pada jam 23.35 Wib. Karena tidak ada surat perintah dan juga tidak ada pesan yg titipkan tamu tersebut kepada kami, maka saya tidak dapat memberitahukan persisnya di kamar no berapa tamu itu berada.kepada kedua oknum polisi tersebut, tetapi kedua oknum polisi itu memaksa, guna menghindari keributan yang dapat menimbulkan kegaduhan yang pada akhirnya dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan tamu2 yg lain, maka akhirnya saya memberitahu kepada kedua oknum polisi tersebut di kamar no berapa tamu yg mereka cari itu berada dan terjadilah peristiwa penangkapan tersebut. Sebelum mereka pergi salah seorang dari oknum polisi tersebut mengatakan kepada saya bahwa penangkapan itu mereka lakukan karena berdasarkan informasi, akan ada pesta narkoba yg akan dilakukan pelaku di salah satu kamar dipenginapan tempat saya bekerja. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apa yg menjadi hak dan kewajiban saya sebagai seorang karyawan dalam kejadian tersebut.
    2. Apakah saya salah memberitahukan keberadaan tamu tersebut padahal tidak ada pesan dari tamu tersebut yg
    dititipkan kepada kam dan juga tidak ada surat perintahi yg ditunjukkan oleh oknum polisi tersebut.
    3. Apakah yg menjadi hak dan kewajiban dari oknum polisi tersebut dalam kejadian di atas.
    4. Apakah dibenarkan seorang oknum polisi melakukan penangkapan tanpa ada surat perintah atau surat
    penangkapan.

    ini saja yg ingin saya tanyakan dan terimakasih atas jawabannya.

  20. bagaimana caranya agar kita bisa melepaskan diri dari kewarganegaraan RI?
    dan apa saja syarat yg di butuhkan untuk menjadi warga negara arab saudi?

  21. ibu saya telah meninggal tiga tahun yang lalu. beliau meninggalkan banyak harta warisan yang nota bene merupakan harta bawaan dari ibu saya sendiri, beliau mendapatkannya dari kelurganya sendiri.
    pertanyaannya :
    1. dapatkah harta tersebut disebut harta bawaan?
    2. apakah bapak saya mendapatkan harta bagian dari harta tersebut? berapa bagiannya?
    mohon diberi penjelasan. terimakasih banyak.

  22. saya mau tanya, knapa polisi setiap tanggal 25 keatas sampai tanggal 10 kebwah banyak sekali berkeliarann nangkap orang dijalan? melihat kenyataan ini, sya sudh menciptakan lgu, MALINGNYA LARI KAU TANGKAP YANG PUNYA DUIT. POLISI TANGKAP YANG PUNYA UANG,MENGHUKUM YANG MISKIN,DALAM PENDIDIKAN KEPOLISIAN ADAKAN PENDIDIKANAN MENDETEKSI YANG PUNYA UANG KETIMBANG ORANG YANG MELANGGAR ATURAN

  23. INDONESIA LEBIH BAGUS MENIRU PERKEMBANGAN NEGARA BARAT YANG SANGAT MAJU. JANGAN MUNDUR LG MENIRU NEGARA YANG MEROSOT KY ARAP DAN SEBAGAINYA.

  24. Kami adalah pemilik sebidang tanah dengan SHM. Sebagian tanah kami sering dilewati tetangga tanpa ijin. Hal ini kami laporkan ke POLDA METRO jaya. Kemudian penyidik POLDA mengadakan pengukuran. Hasilnya tanh yang sering dilewati itu olrh penyidik POLDA dkatakan tanah adat. Pertanyaan : Apakah penyidik POLDA bisa menentukan bahwa sebagian tanah kami tersebut adalah tanah adat. Keapda siapa kami harus melaporkan kasus ini.

  25. Dalam dinding grroup facebook, salah seorang member menuduh saya ” dengan sikap agressor dan memukul karyawan” Padahal saya tdk bersikap agressrdan memukul karyawannya. Akibatnya banyak member yang menegor saya.
    Pertanyaan ; Apakah kasus seperti ini sudah memenuhi unsur tindak pidana “penghinaan dan pencemaran nama baik sesuai UU No.11/2008 -tentang IT psl 27 (3)
    Mohon jawaban dan terimakasih
    Hormat saya
    Verdi Pan

  26. Sebulan yang lalu sy beli mobil baru. Awalnya ada sales dari dealer yg datang ke rumah menawarkan mobil dg DP Rp 71jt angsurannya Rp 11,2jt x 11 bln. Sy setuju dan menyerahkan DP tsb ke sales itu serta menandatangani kwitansinya. Seminggu yg lalu sy ketahui dari dealer ternyata DP yg diserahkan sales tsb Rp 50jt-an (bukan 71jt). Jadi sales tsb mengambil 21jt-an. Menurut pihak dealer kalau angsurannya 11,2jt seharusnya DPnya 50jt-an; dan jika DPnya 71jt-an angsurannya 9jt-an. Apakah sales tsb bisa dikenakan pasal 378 KUHP dengan modus membohongi pembeli (walaupun sy sudah setuju dan menandatangani kwitansinya)?
    Thx…

  27. PENGADUAN 4.5 THN LEBIH DIPOLRES
    PERMINTAAN DG SURAT UNTUK GELAR PERKARA DIABAIKAN KAPOLRES
    PEMBERITAHUAN DG SURAT KE POLDA TIDAK ADA RESPON
    SELANJUTNYA BGAIMANA ?
    JIKA SURAT KE KAPOLRI JUGA TIDAK REAKSI
    MOHON MASUKAN
    TERIMAKASIH

  28. salam,saya punya saudara laki2 yg menikah dgn wanita beda keyakinan,yg waktu pernikahan ikut ke yakinan kakak laki2(islam) ,setelah beberapa lama menikah dan telah mempunyai 4 anak,istri kakak sy itu pergi kabur dan membawa anak2,dan setelah sekian lama,secara tak sengaja kakak saya bertemu dgn istrinya tersebut di kota lain,dan ternyata telah menikah lagi dan dia telah kembali kekeyakinannya semula (nasrani),kakak saya hanya ingin anak2nya kembali kepadanya,tapi ternyata anak2 di titip ke yayasan nasrani.betapa hancurnya perasaan kakak sy,yg ingin saya tanyakan,apakah sah perkawinan istrinya itu sementara dia belum bercerai,apakah abang saya berhak mengambil anak2nya,yg telah di telantarkan. mohon bantuannya. tks

  29. sy seoran buruh pabrik didaerah sukabumi.dulu adik sy pernah mengalami keclakaan,angkot yg dibwanya menabrak anak kecil.sy dan kluarga sudah menyelesaikan masalah itu sampai tuntas.beberapa blan kemudian,yg punya mobil memanggil bp sy(tukang sayuran keliling)kerumah B(INISIAL)dengan tekanan dan intimidasi bp sy(yg buta hurup)dipaksa menandatangani perjanjian diatas materai dgn isi perjanjian sbb:sy yg bernama bp A telah meminjam uang sbsr 5jt rupiah dan akan mengemblikan setelah 2thn dari perjanjian ini..sdankan isi perjanjian itu tdk dbcakan dahulu sblum d tanda tangani.dan pihan keluarga bru thu isi perjanjian itu stlah msa waktu habis..sekarang sy dan kluarga slalu diteror.didatangi orang polsek dan orang2 suruhan si B.sdangkan sy bingung mau byr utang apaan.minjen enggk prnah sm si B ini.sdangkan sy melapor kepolsekpun pihak polsek menyudutkan sy..mau kepengacara…bro2 buat byr pengacara,dngan pendapatan kami yg serba pas2an.tolong dbantu masalah sy..trimakasih..

  30. mohon penjelasannya ….
    saya pernah membeli hp blckberry dari orang yng saya tidak kenal,seharga Rp1.800.000 orang itu mengaku bahwa hp itu ia temukan di jalan, setelah saya beli banyak permintaaan pertemanan,dan mereka meminta saya untuk mengembalikan hp itu karna ternyata hp itu adalah hp curian …
    karna saya takut jadi saya berusaha mencari kembali orang yang menjual hp itu ke saya, setelah beberapa hari saya berhasil menemukannya, dan sya meminta agar ia mengembalikan uang saya … akhirnya ia mau menerima hp itu kembali dan mengembalikan uang saya tapi tidak full hanya Rp 1.500.000 …
    setelah beberapa minggu banyak polisi kerumah saya mereka bilang sinyal GPS dari hp itu terakhir berada di rumah saya, lalu mereka meminta saya untuk membantu mencari orang yng menjual hp itu ke saya,saya mau membantu mereka,tapi setelah berjalan 2 bulan orang yang menjual hp itu tidak juga di temukan…
    di BAP saya hanya menjadi saksi kunci,,,,,
    peratanyaan saya apakah staus saya bisa jadi tersangka apabila orang itu tidak juga di temukan?
    mohon bantuannya ,,,,
    terimakasih ,,,,

  31. apa bila seseorng telah memiliki akta hiba apa kah warisan tersebut masi bisa digugat///???? tolong arahannya

  32. saya pernah menjalani sebuah perjanjian yang disitu tertera pernyataan saya dan ditandatangani oleh beberapa saksi dan tanda tamgan di atas materai,isi perjanjian itu adalah saya harus menikahi perempuan yang sekarang ini adalah istri saya,
    sekarang sudah lebih dari setahun saya menikahi perempuan itu dan dengan kata lain perjanjian itupun selesai,namun saat ini saya sedanf ada masalah dengan istri dan saya ingin menceraikannya karena perbedaan keyakinan,
    pertanyaan saya apakah saya akan terjerat hukum apabila saya menceraikan istri saya?apakah itu juga bisa disebut sebagai lari dari tanggung jawab?
    mohon penjelasannya,
    terima kasih,

  33. Salam sejahtera..
    Perkenalkan Nama saya Wawan ,
    Pada saat ini sy sedang mengalami masalah Hutang dengan Koperasi senilai Rp.500jt.tetapi dalam kontrak pinjaman(kreditnya) bukan atas nama saya. agar bisa lebih jelas ceritanya sy akan ceritakan dari awal proses terjadinya masalah ini.
    Sekitar satu ntahun yg lalu, saya bertemu dengan seseorang Pejabat PNS yg meminta bantuan pada sy dlm kasus Perselingkuhannya (dgn istri orang) yg pada saat itu telah diketahui oleh Pihak swami Wanita(yg diselingkuhi) kebetulan swami wanita tersebut agak sungkan pd saya. Awalnya sy tidak mau membantu tetapi karena sy jg kasihan karna menurut Pejabat PNS tsbt akan jd masalah besar buat dirinya. jd sy bantu dan bisa selesai. Namun swatu ketika -/+ 3bulan berjalan Masalah tersebut terulang kembali dgn kasus yang sama dan Wanita yg sama pula, dari situ sy mulai ragu untuk membantu masalahnya karena menurut sy kok seperti sudah menjadi karakter buat Bpk Pejabat PNS tsbt, tetapi Bapak PNS itu memaksa sy untuk bs membantunya dengan jaminan Tidak akan mengulang kembali, dan akhirnya sy pun membantunya hingga selesai. dgn cat: dr awal sy membantu tanpa ada tendensi/perjanjian untuk dibayar, semua sy lakukan dgn ikhlas tanpa ada maksud dan tujuan apapun dan bantuan kedua ini sy anggap Terahir kalinya.
    Dan sekitar 2 bulan berjalan sy lagi mengalami masalah keuangan lebih tepatnya kakak sy yg mengalami masalah dan sy ingin membantunya. namun karena saya jg lagi dalam keterbatasan keuangan dan benar” dalam kesulitan Akhirnya sy mau membantu Kakak sy dengan jalan Mengusahakan Pinjam di Bank dgn jaminan Sertifikat Rumah Kakak sy tsbt. disaat sy mondar mandir mencari Bank yang mau memberi pinjaman pada sy bertemulah sy dengan Bpk PNS itu lagi, dan beliau juga ingin minta bantuan lagi dengan saya Namun sy tidak mau membantu dengan alasan sy lagi bingung juga dengan masalah sy sendiri,
    Tetapi Bpk PNS tersebut memaksa sy terus memohon pd sy untuk sebisanya membantu masalahnya yg sangat Gawat dan ternyata masalahnya sama saja dan dengan Wanita yg sama lagi. bahkan untuk kali ini Pihak Swami wanita trsbt sudah sangat Marah sampai mengancam akan melaporkan dgn pimpinan di Kantor Pak PNS tsbt, sampai ahirnya disaat sy dlm perjalanan mencari Usaha pinjaman ke Bank tiba” HP saya berdering ada telfun dr P. Pejabat PNS itu yg mengatakan sy harus datang ke Tokonya karena sbntar lagi Swami Wanita(selingkuhanya) akan datang membuat perhitungan dan diperkirakan membawa SAJAM. sy jadi bingung kbetulan sy dgn istri sy akhirnya sy berkomunikasi meminta pertimbangan dgn Istri sy dan sy pun berangkat ke Toko Bpk. Pejabat PNS itu, ternyata disana sudah ada Oknum Polisi berpakaian Preman yg membantu selang beberapa menit setelah sy datang ternyata Swami wanita trsbt datang sambil terlihat wajah EMOSi.ahirnya sembat bersitegang dgn P.pejabat PNS dan P.Polisi bahkan Swami wanita trsebut sempat memaki P.Polisi itu dgn kalimat ” Pak jangan ikut campur dgn masalah saya ini, sampean polisi kok melindungi orang salah, apa sampea akan diam kalau istri sampean di kelonon orang ?” dan polisi tersebut diam saja. Akhirnya sy mulai ngomong, dan ahirnya Swami anita itu sy bawa Pulang kerumah dan ternyata membawa SAJAM ahirnya dia menangis pada sy, minta untuk supaya sy tidak ikut” tp sy tetap memaksa dia untuk tinggal dirumah sy sampai Emosinya mereda.
    Karena sy jg lg mau ada acara ke Bank sy ahirya keluar rumah, tiba” P.Pejabat tersebut menelfun dan menanyakan dimana saya, begitu Pjabat itu tau sy lagi keluar rumah Ahirnya sy diminta untuk tetap mengawasi Laki” (swami wanita tersebut) sy tidak mau karna sy lg ada keperluan yg sangat penting. Ahirnya sy bertemu dengan pegawai KOperasi disaat sy Ngobrol masalah rencana Pinjam uang trsebut tiba” P.Pejabat itu datang, mendengar sy mau pengajuan kredit ahirnya dia Siap membantu sy sampai pencairan bahkan bila pihak Koperasi perlu tambahan jaminan beliau siap menambahkan jaminannya. tetapi sy Demi Allah tidak langsung mau menerima bantuannya karena sy sudah mengerti karakternya yg suka Plin Plan, seperti contoh kasusnya yg sudah slesai tp masih diulang ulang lagi. tapi Pak PNS itu memaksa agar sy mau menerima bantuannya dgn maksud agar sy bisa membntu masalahnya juga.
    Dan Akhirnya Proses Krediit benar” berjalan dan dr awal sy tidak mau kalau cuman dikasih kredit paspasan sy minta kalau tidak bs cair 700jt mending tidak usah sj. karna sy tau kalau jaminan rumah kakak sy itu nilainya jg cukup lumayan -/+ 900jtan. Ahirnya pegawai Koperasi itu meminta tambahan jaminan saja biar bisa cepat direalisasi, dan P.Pjbat itupun mencari Pegawai Koperasi itu untuk memebicarakan mslh kreditnya. dan sy langsung menyelesaikan masalah P.Pejabat itu sekitar 1 minggu alhamdulillah selesai walaupun sy harus tiap Pagi dan Malam jd pengawal harus mengecek Rumah dan Tempat kerjanya.
    Sekitar 10hr sy mendapat kabar dr Pegawai Koperasi itu kalau ternyata Pengajuan Kredit sy di ACC tetapi tidak sesuai dgn yg sy Minta, karena waktu sudah sangat mepet ahirnya sy terima saja walaupun kurang dr Target saya. dan disetujui 500jt. itupun sudah 2hari lalu pencairannya tetapi sy tidak diberitau dan harus dipotong 6 kali Angsuran yg katanya peraturan Bank sy pun ya iya saja. tetapi setelah berjalan 3bulan ternyata Pegawai Koperasi trsbt bercerita pd sy kalu sebenarnya Nilai 500jt itu kehendak P.Pejabat dan Potongan Ansuran dll itu jg keinginan Pejabat itu.
    Akhirnya Emosi sy pun tersulut ternyata sy dihiananti, dan berceritalah sy pada Pegawai Koperasi itu Siapa sbenarnya Pejabat itu yg selama ini pegawai Koperasi itu mengira Seorang DEWA karna begitu baiknya pd saya. dan pegawai koperasi tersebut menyalahkan saya Kenapa tidak mau cerita dari awal saja, agar sy bisa dibantu semaksimal mkungkin.
    Tetapi Ibarat pepatah NASI SUDAH MENJADI BUBUR apa mau dikata, sy pun memeutuskan untuk mengikhlaskan Rumah sy bila sampai terjadi Sita Jaminan walaupu sertifikat rumah itu sudah sy balik nama atas nama pejabt nakal itu dgn perjanjian sbb .

    ,SURAT PERJANJIAN

    Yang bertanda tangan di bawah ini,
    N a m a : Ir. DJUMA’ADHI, MM, MA (Pejabat)
    Alamat : Saya kosongkan.
    Yang selanjutnya dalam surat perjanjian ini disebut Pihak I.
    N a m a : Dra Hj. AMIROCHMAH (kakak saya)
    Alamat : Saya Kosongkan
    Atau yang mewakilinya
    Nama : H. WAWAN (saya)
    Alamat : Saya kosongkan.
    Yang selanjutnya Orang tersebut atau Wakilnya dalam surat perjanjian ini disebut Pihak II.

    Pihak I dan Pihak II bersama-sama membuat suatu perjanjian yang bersifat mengikat ke dua belah Pihak, yang tertuang dalam point-point sebagai berikut : —————————————
    1. Pihak I tidak pernah membeli tanah beserta bangunan yang beridiri di atasnya yang tercatat dalam SHM No. 1181 atas nama Dra. Hj. Amirochman, luas 284 m2 yang terletak Desa Grajagan, Purwoharjo, Banyuwangi. Kalaupun ada proses balik nama atas SHM tersebut menjadi atas nama Ir. Djuma’adhi, MM, MA itu hanya rekayasa saja.—
    2. Pihak I tidak memiliki hak sama sekali atas tanah beserta bangunan yang beridiri di atasnya yang tercatat dalam SHM No. 1181 atas nama Dra. Hj. Amirochman, luas 284 m2 yang terletak Desa Grajagan, Purwoharjo, Banyuwangi. ———————————–
    3. Pihak II bertanggung jawab atas fasilitas kredit atas nama Ir. Djuma’adhi, MM, MA yang diperoleh dari KSU Bina Mitra Sejahtera Mayangan Probolinggo termasuk pembayaran bunga dan pelunasannya. ————————————————————
    4. Jika sewaktu-waktu Pihak I telah menjual salah satu assetnya, maka sesegera mungkin untuk melakukan pelunasan fasilitas kredit atas nama Ir. Djuma’adhi, MM, MA yang diperoleh dari KSU Bina Mitra Sejahtera Mayangan Probolinggo secara tuntas dan masing-masing jaminan yang menjadi agunan diserahkan kembali kemasing-masing Pihak. ——————————————————————————–
    5. Jika terjadi salah satu pihak merasa dirugikan dalam perjanjian ini, maka pihak yang merasa dirugikan berhak secara penuh untuk melakukan tuntutan secara hukum yang berlaku. ———————————————————————————————-
    Demikian surat perjanjian ini dibuat dalam keadaan kedua belah pihak sadar sepenuhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manampun dan disaksikan oleh 3 (tiga) orang saksi. ———

    Probolinggo, 10 Nopember 2011

    Pihak I Pihak II

    Ir. Djuma’adhi, MM, MA Dra. Hj. Amirochmah Dan Atau H. Wawan

    Saksi I. Saksi II Saksi III.

    Adi Winoeljo, SE, MM Emmy Sulistyoningsih, SE Dianatul Firdaus

    Setelah sekarang saya sangat terjepit dan tidak mungkin lagi bisa membayar/mengangsur pinjaman tsbt dan pihak Koperasipun sering menagih pd saya, yang ahirnya sy diberi saran untuk mencoba meminta bantuan kepada Pejabat itu untuk membantu Angsuran saya ternyata pejabt itu tidak mau membantu dgn alasan tetek bengek lah. dan sy pun menjawab ” Pak Okelah kalau Bapak tidak mau membantu sy gak apalah, tapi perlu bapak ketahui Atasnama Kontrak Pinjaman kan memang Atasnama bapak, jadi tidak salah bila ada pihak Koperasi menagih pada Bapak. (dlm hati sy berkata karna sy telah menyerahkan jaminan dan sy anggap SURAT PERJANJIAN trsbt Batal / rumah itu biar diambil P. Pejabat)
    Tetapi siang ini tgl 21-11-2012 saya mendapat kabar Kalau saya sudah dilaporkan ke Polisi dengan kasus Penipuan bahkan P. Pejabat itupun telah menyewa pengacara untuk menuntut saya lewat hukum.

    disaat sekarang sy dalam kondisi tidak punya apa’ dan sy telah dilaporkan pd pihak berwajib
    YANG INGIN SAYA TANYAKAN :

    1. Apa yang harus sy lakukan ya pak…?
    2. Apakah sy masih bisa untuk membela diri ? ( padahal didalam surat perjanjian saya hanya sebagai wakil dari kakak saya )
    3. Bagaimana upaya sy agar bisa terhindar dari masalah tuntutan ini ? ( sy seorang kepala keluarga dgn anak 5 dan sekarang istri sy dlm keadaan hamil muda, terus terang sy gak bisa tidur pak gelisah memikirkannya)

    Dari cerita awal sampai ahir trsebut apakah Bapak bisa mengerti dengan keadaan saya, dan Apa yang terjadi nantinya pada saya..
    demikian pertanyaan dari saya semoga Bapak sudi kiranya untuk dapat membantu saya, dan jawaban bisa dikirimkan pada alamat email saya atu bisa menghubungi HP saya.

    Salam Hormat
    Wawan setyawan

  34. maaf saya mw nanya !! pak saya memiliki sebidang tanah tapi belum saya surati dan ketika saya mw surati ternyata sudah disurati oleh orang ,tapi saya memiliki saksi -saksi yaitu orang kampung yang menyatakan bahwa itu tanah saya apakah masalah ini isa dibawa di jalur hukum kah pak ? tolong pak jelaskan lewat email saya(ferry_firmansyah53@yahoo.com)

  35. Apakah hutang pemakaian kartu kredit dicover oleh asuransi,apabila pemegang kartu kredit tidak mampu lagi membayar pemakaiannya(hutangnya)? dan apa dasar peraturannya ,terima kasih,mohon kirim juga jawabannya ke Dickynsc@gmail.com

  36. tolong tgakan hukum yang adil ,jangan masyarakat di butakan maslah hukum,karana hukum berlakunbagi masyarakat kecil yang tak berduit,bagi oarng yang berduit hukum kayak nya bisa di beli,dah jelas dia salah di mta hukum,apa itu nama nya adil ,,,,tolong bagi para penegak hukum jangan pandang bulu,bagi orang yang ber duit di tmbang2,tiba orang yang tak berduit langsung masuk penjara ,,,apa perlu masyarakat melakukan hukum rimba ,karena dah bnyak masyarakat di permain kan oleh hukum selama ini ,jd para penegak hukum mhon peratian nya,pengacara,kepolisian hampir sama aja,,,mohon keadilan nya yang seadil adil nya ,,,terimakasih ..!

  37. Saya mau tanya:
    Apakah korban kecelakaan lalu lintas dapat menuntut pihak penyebab kecelakaan itu secara perdata?

  38. katanya negara indonesia negara demo krasi tapi kenyataannya seperti belum terwujud demokrasi tersebut
    apa penyebab demokrasi di indonesia tidak baik

  39. selamat siang saya vera maaf pak saya mau bertanya,
    saya beli rumah pakai KPR setelah berjalan 2 tahun cicilan saya macet,karena pekerjan saya tidak di bayar alis di bawa kabur,sehingga saya jatuh bangkrut saya hanya mau bertanya rumah yang saya miliki sekarang di lelang sama bank yg bersangkutan tanpa pemberitahuan, bahwa rumah itu sudah laku di lelang dan sudah pindah tangan.sedangkan orang yang sudah membeli juga tidak pernah menghubungi saya,tahu- tahu di depan rumah saya sudah di pasang spanduk di jual.saya kaget apakah saya bisa proses secara hukum?
    saya mohon bantuannya karena saya buta soal hukum,apakah saya bisa gunakan undang-undang perlindungan konsumen?

Leave a Reply

