Tanya Jawab Hukum Jual Beli, Sewa dan Hibah (asiamaya.com)

wah ini tentang duit.. dandapat duit atau mengeluarkan duit..

    1. Saya penyewa sebuah rumah per satu tahun dan ada perjanjian kontraknya. Dua bulan mulai berjalan, rumah mau dijual oleh pemiliknya, beberapa orang sudah datang untuk melihat-lihat rumah tersebut, sampai ke dalam (kamar-kamar). Hal seperti ini sangat menggangu saya dan keluarga. Yang ingin saya tanyakan adalah :1. Apakah saya boleh menolaknya dengan alasan tersebut di atas? 2. Kalau sampai rumah tersebut dijual, bagaimana posisi saya secara hukum? (Jawaban)
    2. Rumah kami di kontrak (2 th) oleh suatu badan usaha (PT), tapi di akhir masa kontrak, tidak ada penyerahan kunci kembali dari pihak PT, rumah dalam keadaan rusak, tunggakan2 telpon (diputus). Bagaimana cara melacak suatu badan usaha PT, yg masih aktif atau pindah alamat ? Bagaimana dgn status barang2 yg ditinggal ? apakah otomatis menjadi milik saya ? Akta sewa menyewa mempunyai kekuatan hukum berapa lama ? Apakah saya tidak bisa dituntut oleh pihak penyewa atas barang2 yg ditinggal ? Saya sendiri sudah melapor ke pihak kepolisian mengenai hal ini, tapi tidak ada tindak lanjutnya (sudah 2 tahun berjalan), apakah saya bisa melaporkan ke pihak yg lebih tinggi atau memasukkan gugatan di pengadilan ? dan ditujukan kepada siapa berhubung pihak PT sudah tidak jelas alamat dsb.(Jawaban)
    3. Saya ingin menghibahkan rumah yang saya beli sebelum nikah ke orang tua saya. Apakah saya perlu mendapat persetujuan isteri saya padahal ini adalah harta bawaan bukan harta bersama? Berapa besar pajak yang akan dikenakan ke pemberi dan penerima hibah?(Jawaban)
    4. Orang tua saya bersama kakaknya membeli tanah di th 70-an. Berhubung saat itu status mereka WNA, papa saya mengadopsi anak WNI (yg masih keponakan) pada saat umurnya 20 th. Setelah papa saya WNI, dan saya lahir sebagai anak kandungnya, papa menyuruh nama sang anak adopsi menghibahkan ke nama saya. Sekarang dia menggugat untuk meminta bagian ketika saya berniat menjual rumah itu. Kuatkah posisi saya ? Apakah memang dia bisa menggugat kembali haknya yg telah dihibahkan ? Mohon jawaban segera (Jawaban)
    5. Situasi yang saya hadapi : 1. papa saya dalam masalah penipuan (papa ditipu orang dalam usaha jual beli minyak ) dan setahu saya sampai sekarang masih berlanjut  2. saya dibelikan rumah dengan atas nama saya dan adik saya tetapi belum balik nama dengan pemilik lama hanya saja surat jual beli memang atas nama kami, tetapi di bulan februari kami diusir dan surat jual beli serta sertifikat ada di tangan papa 3. papa saya sering memukul terakhir saya ingin dibekap dengan bantal di kamar tidur tetapi untung saja ada adik saya yang melarang Pertanyaan : 1. Apa yang harus saya lakukan terhadap rumah tersebut karena menurut analisa mama saya, papa saya mengatasnamakan saya dan adik supaya dia tidak tercium oleh pihak berwajib mengingat sepak terjangnya di hongkong sebagai mafia, menurut saya dia sangat menakutkan. jadi yang mama takutkan adalah apabila ada suatu hal maka kami akan terseret pula dan juga perlu diketahui ketika diusir kami dilarang untuk membawa barang apapun tapi kami mengambil semua barang jadi yang dikhawatirkan dia akan menuduh balik bahwa kami pencuri karena telah mencuri semua barang yang dia belikan ( hal seperti ini pernah terjadi)  2. Apakah kami harus melaporkan ke pihak yang berwajib tentang hal ini ?(Jawaban)
    6. Saat ini saya berniat untuk membeli sebuah rumah di kawasan Cimanggis – Bogor. Setelah semua urusan ‘paper work’ dan pembayaran uang muka selesai, pihak agen developer tempat saya selama ini berhubungan mengatakan bahwa saya akan dikenakan pajak sebesar 10 %, yaitu untuk PPN. Pajak tersebut diluar dari PPH sebesar 5% yang telah saya bayarkan sebelumnya. Saya membeli rumah tsb secara kredit lewat Bank BTN. 1. Apakah betul pembelian rumah lewat developer (Real Estate) dikenakan PPN sebesar 10%? 2. Apakah bedanya PPH dengan PPN? Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.(Jawaban)
    7. Saya mempunyai sebidang tanah yang diatasnya berdiri sebuah bangunan, kemudian tanah beserta bangunannya tersebut akan saya alihkan (Jual), dan untuk Surat Hak Miliknya hanya berupa segel yang menyatakan tanah tersebut benar milik saya dan telah disahkan oleh PPAT (Camat). Pertanyaan saya : Jika tanah/rumah tersebut dijual berapa persenkan kira-kira biaya balik nama dll yang berhubungan dengan pengalihan tersebut yang akan saya tanggung, apakah masing masing daerah berbeda-beda, untuk diketahui saya tinggal di Kota Balikpapan – Kalimantan Timur. Atas jawabannya tidak lupa saya ucapkan terima kasih.(Jawaban)

      About these ads

      6 comments

      1. Bgni kronologisnya…
        Bbrapa tahun yg lalu orang tua saya membeli sebuah rumah pada suatu perumahan melalui developer dijogjakarta dengan sistem kredit lunak. setelah jangka waktu 1 tahunan akhirnya rumah itu lunas. tinggal biaya2 Pajak. Dengan menunggu konfirmasi dari developer tsb. trnyata dalam 1 tahunan pihak developer tdk memberi kbr apa2, shg, saya proaktif menanyakan hak saya yaitu pengurusan Bukti kepemilikan rumah. Setelah saya datang trnyata mereka mengatakan saya berkewajiban membayar Pajak Bea Balik Nama dan Pajak Pembelian. yg sesuai dengan NJOP skrg, artinya saya harus membayar Pajak sesuai keadaan sekarang. Oke, karena itu kewajiban saya maka saya serahlkan kepada pihak developer, dmn sesuai perjanjian yang mengurusi itu adalah pihak developer. Mereka dari pihak developer mengatakan qt akan segera AJB dan proses lainnya, dan kmi di suruh menunggu konfirmasi selanjutnya.
        Setelah beberapa bulan, ko tdk ada kbrnya lagi, kemudian saya proaktif kmbali datang ksana, menanyakan kejelasannya. dan trnya Pajak dan sudah naik lagi dan PBB per rmh sudah keluar. Kemudian pihak developer mengatakan pajak saat ini yg dihitung harus sesuai dengan PBB yg ada sekarang. dan mereka melimpahkan itu pada saya.
        Pertanyaannya :
        1. Apakah saya harus membayar kekurangannya karena kenaikan Pajak. Padahal apabila mereka proses sejak saya melunasi segala administrasi Pajak pada saat itu harusnya saya tidak akan terkena dampak kenaikan Pajak.
        2. Sampai saai ini saya blum melaksanakan Prses AJB, dengan berbagai alasan dari pihak developer, tolong beritahukan saya syarat2 dan ketentuan untuk bisa melaksankan AJB??
        3. Langkah apa yg sebaiknya saya lakukan?
        4. Saya harus melaporkan ke siapa tentang hal ini agar mendapat perlindungan hukum dan upaya hukum apa yg bs saya lakukan??

        Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

      2. saya mau tanya,sy membeli barang kepada salah satu perusahaan dan kemudian barang tersebut sy sewa balikkan kepada perusahaan tersebut untuk dikelola dan sy mendapat uang sewa dari perusahaan tersebutselama lima tahun pertanyaan sy apa yg hrs sy lakukan apabila perusahaan tsb one prestasi

      3. Assalammualaikum..

        Saya ada Kemuskilan dan minta pendapat pada yg bijak disini.. saya mempunyai kereta dari sebelum pernikahan.. selepas 5 tahun bernikah saya menukar kerata lama saya kepada kereta baru dan aset baru ini sepenuhnya diatas nama dan tgjwb saya.. bole jelaskan samaada harta baru yg ditukar ini adalah harta bawaan atau harta sepencarian

      4. saya tinggal bersama keluarga di satu rumah dimana tanahnya adalah bekas peninggalan belanda,sy mo tanya apakah kotamadya berhak untuk memungut pajak sewa tanah yang kami tinggali itu pertahun dan bagaimana caranya untuk dijadikan sertifikat hak milik karena kami telah mendudukinya hampir 20 tahun lebih.Terimakasih

      5. temen saya sudah tidak memiliki kedua orangtua lagi dan rumah yang mereka tinggali adalah milik kotamadya.bagaimana caranya untuk mengurus hak ahli waris dan menjadikan sertifikat hak milik tanah tersebut

      6. saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang tinggal bersama orangtua di satu rumah dimana tanahnya adalah bekas peninggalan belanda,sy mo tanya apakah kotamadya berhak untuk memungut pajak sewa tanah yang kami tinggali itu pertahun dan bagaimana caranya untuk dijadikan sertifikat hak milik karena kami telah mendudukinya hampir 20 tahun lebih.Terimakasih

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s