Silabus pada hakikatnya menjelaskan secara singkat mengenai materi yang akan dibahas dari setiap mata kuliah dan tujuan yang hendak dicapai dari perkuliahan. Silabus ini akan dijelaskan pada awal perkuliahan dan nantinya akan dapat diakses di website Fakultas Hukum UGM.
  1. UNU 1100 Pendidikan Pancasila (2 SKS). Diberikan pada waktu kuliah.
  2. UNU 1000 Pendidikan Agama Islam (2 SKS). Tujuan pendidikan agama Islam bagi mahasiswa fakultas hukum, di samping untuk tercapainya keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, juga tercapainya kemampuan menjadikan agama islam sebagai landasan penggalian dan pengembangan disiplin ilmu hukum. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pokok bahasan berkisar pada manusia dan agama, agama Islam, sumber agama dan ajaran Islam, akidah, syari’ah, ibadah dan mu’amalah, akhlak, takwa, Islam dan disiplin ilmu hukum.
  3. UNU 1001 Pendidikan Agama Katolik (2 SKS). Diberikan pada waktu kuliah.
  4. UNU 1002 Pendidikan Agama Kristen-Protestan (2 SKS). Diberikan pada waktu kuliah.
  5. UNU 1003 Pendidikan Agama Hindu (2 SKS). Diberikan pada waktu kuliah.
  6. UNU 1004 Pendidikan Agama Buda (2 SKS). Diberikan pada waktu kuliah.
  7. UNU 1005 Pendidikan Agama Kong Hu Chu (2 SKS). Diberikan pada waktu kuliah.
  8. UNU 1240 Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS). Mengembangkan pengertian dan kesadaran tentang pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas), membuka cakrawala berfikir di kalangan mahasiswa untuk membahas dan melihat persoalan kehidupan nasional secara integral dan totalitas dalam dimensi wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional, politik strategi hankamnas dan sistem keamanan rakyat semesta (siskamrata).
  9. SAI 1101 Bahasa Indonesia (2 SKS): Diberikan pada waktu kuliah.
  10. HKU 1001 Pengantar Ilmu Hukum (4 SKS). Membahas pengertian, ruang lingkup, obyek dan metode pendekatan ilmu hukum; masyarakat dan kaidah sosial; hukum, hak dan kewajiban; fungsi, tugas dan tujuan hukum; sumber hukum; sistem, asas dan klasifikasi hukum; penegakan dan penemuan hukum.
  11. HKU 1002 Pengantar Hukum Indonesia (4 SKS). Memberikan pemahaman tentang perbedaan dan pembagian tata-hukum Indonesia yang berlaku yang masih berbeda-beda bagi warga negara Indonesia (keanekaragaman hukum). Mata kuliah ini membahas hakekat, tujuan, sumber-sumber hukum, sejarah perkembangan, konsep kesatuan hukum, wawasan nusantara, aneka bidang hukum tertentu, kriteria pembeda dan jenis peraturan hukum serta konsekuensi struktur perundang-undangan, hak menguji, peraturan oleh hakim, perbedaan lapangan hukum perdata, adat, dagang, pidana, HTN, HAN, hukum acara, perwasitan, dan lembaga peradilan.
  12. HKU 1003 Ilmu Negara (2 SKS). Membicarakan negara dalam pengertian abstrak. Dari pengertian tersebut diuraikan tentang asal mula, hakikat, tujuan, kekuasaan, sistem pemerintahan dan bentuk negara, hak-hak asasi manusia, teori konstitusi, dan hubungan antar-negara.
  13. HKU 1004 Hukum Tata Negara (4 SKS). Membicarakan tentang negara dalam arti kongkrit, dalam hal ini negara Republik Indonesia. Pembahasannya meliputi sumber-sumber hukum tata negara, asas-asas hukum, sejarah ketatanegaraan, wilayah negara, susunan organisasi negara, pemerintahan di daerah, kewarganegaraan dan hak-hak asasi manusia.
  14. HKU 1005 Hukum Administrasi Negara (4 SKS). Membahas dan memahamkan asas-asas dan teori dasar tentang HAN, tugas pemerintah, bentuk-bentuk hukum perbuatan pemerintah, perbedaan ruang lingkup HAN dengan bidang-bidang hukum yang lain, penerapan hukum dalam administrasi negara baik dari sudut fungsi administrasi negara maupun dari sudut administrator dalam aktivitas administrasi negara, menjelaskan struktur organisasi pemerintah, tugas pemerintah dalam tipe negara hukum klasik sampai negara hukum moderen, sarana yang diperlukan oleh negara dalam melaksanakan fungsinya yang meliputi kepegawaian, benda milik negara dan keuangan negara.
  15. HKU 1006 Hukum Lingkungan (2 SKS). Pemahaman lingkungan hidup sebagai konsep holistik, isu global, dan kebijaksanaan lingkungan dan pembangunan; uraian tentang implikasi pasal-pasal Undang-undang Lingkungan Hidup dengan pendekatan hukum positif, disertai studi kasus pencemaran dan atau perusakan lingkungan (aspek administratif, keperdataan, kepidanaan), serta presentasi kertas karya kolektif.
  16. HKU 2007 Hukum Agraria (2 SKS). Membahas tentang pengertian dan ruang lingkup Hukum Agraria; perlunya pembaharuan hukum tanah, sejarah penyusunan Undang-undang Pokok Agraria 1960; peranan Hukum Adat dalam hukum tanah nasional; konsepsi dan dasar hukum tanah nasional, hak atas tanah dan macamnya; ketentuan-ketentuan pokok tentang tata guna tanah, landreform, pengurusan hak atas tanah, pendaftaran tanah.
  17. HKU 2008 Hukum Adat (2 SKS). Membahas tentang pengertian Hukum Adat, proses terbentuknya, sumber pengenal, ciri-ciri, sistem, dasar berlakunya, sejarah serta masyarakat Hukum Adat, pokok-pokok tentang hukum tanah, perutangan, keorangan, kekerabatan, perkawinan, kewarisan dan delik.
  18. HKU 1009 Hukum Perdata (4 SKS). Mata kuliah ini membahas secara umum tentang orang, keluarga, kebendaan dan perikatan. Pembahasan terutama ditekankan pada kapan orang terikat atau tidak terikat dalam bidang kekeluargaan dan kebendaan.
  19. HKU 2010 Hukum Dagang (3 SKS). Membicarakan sejarah, prinsip, sifat hubungan, subyek maupun obyek dari seluruh ketentuan hukum yang berkaitan dengan kegiatan usaha, baik yang bersifat domestik maupun internasional dalam hubungannya dengan perdagangan yang sehat.
  20. HKU 1011 Hukum Pidana (4 SKS). Dalam mata kuliah ini diperkenalkan dan diajarkan tentang sejarah dan perkembangan asas-asas, ajaran-ajaran dan dasar-dasar yang terkandung dalam buku I KUHP dikaitkan dengan buku II dan III KUHP.
  21. HKU 3012 Hukum Internasional (4 SKS). Mata kuliah ini memberikan pengetahuan menyeluruh dan bulat tentang garis besar hukum yang mengatur hubungan antar-negara. Mata kuliah ini merupakan dasar bagi studi pendalaman hukum internasional selanjutnya.
  22. HKU 2013 Hukum Islam (2 SKS). Perkuliahan Hukum Islam bertujuan memberi pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang pokok-pokok, sumber-sumber, sejarah, dan lembaga penegak Hukum Islam di Indonesia (Peradilan Agama).
  23. HKU 2014 Hukum Acara Perdata (3 SKS). Membahas tentang asas-asas hukum acara perdata dan kekuasaan kehakiman; cara mengajukan perkara ke pengadilan; upaya menjamin hak; pemeriksaan di persidangan dan jawab-menjawab; pembuktian, beban pembuktian dan alat-alat bukti; putusan; pengajuan upaya hukum dan perlawanan pihak ketiga; pelaksanaan putusan.
  24. HKU 2015 Hukum Acara Pidana (3 SKS). Kuliah ini memberikan pemahaman tentang pengertian, sifat, tujuan dan tugas ilmu Hukum Acara Pidana. Juga tentang pembaharuan teori-teori, asas-asas, lembaga-lembaga untuk penegakan hukum, serta peradilan pidana dan penerapan Hukum Acara Pidana.
  25. HKU 2016 Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara (2 SKS). Membahas ketetapan-ketetapan yang onrechtsmatigedaad, detournement de pouvoir dan perbuatan sewenang-wenang (willekeur) sebagai alasan gugat TUN; penyelesaian sengketa melalui PTUN dan melalui upaya administratif: isi putusan (diterima/gugur/ditolak); konsekuensi-konsekuensi putusan (pencabutan putusan, penerbitan putusan, ganti rugi dan kompensasi).
  26. HKU 2017 Hukum Kenegaraan dan Perundang-undangan (4 SKS). Membicarakan proses perubahan ketatanegaraan dari sistem yang absolut (totaliter/otoriter/diktatorial) ke sistem yang demokratik. Dibicarakan pula tentang membentuk, mengundangkan, mulai berlakunya, dan proses pembentukan undang undang, serta tata cara perubahan Undang-undang Dasar.
  27. HKU 2018 Hukum Pengawasan Aparatur Negara (3 SKS). Membahas tentang sistem pengawasan yang dilakukan terhadap perbuatan aparat pemerintah khususnya perbuatan maladministrasi; pengawasan adminstratif, fungsional, yuridis dan oleh ombudsman.
  28. HKU 3019 Hukum Perburuhan (2 SKS). Memberi pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan pada umumnya dan hukum perburuhan pada khususnya, membahas hubungan buruh-majikan, kepentingan buruh/pekerja dan majikan/perusahaan, perlindungan hukum terhadap kepentingan para pihak dengan tekanan pada perlindungan pihak buruh/pekerja yang kedudukannya relatif lebih lemah.
  29. HKU 3020 Hukum Pajak (2 SKS). Kuliah ini diarahkan agar mahasiswa mengerti dan memahami berbagai asas dan dasar perpajakan, berbagai ketentuan perpajakan yang pernah dan masih berlaku di Indonesia, hubungan antara pajak dan pembangunan, serta dapat menyelesaikan berbagai kasus sederhana di bidang perpajakan.
  30. HKU 3021 Hukum Perlindungan dan Penegakan Lingkungan (3 SKS). Diberikan pada waktu perkuliahan
  31. HKU 3022 Hukum Sumber Daya Alam (3 SKS). Diberikan pada waktu perkuliahan.
  32. HKU 2023 Hukum Kekerabatan dan Perjanjian Adat (3 SKS). Membahas tentang hubungan hukum antara anak, orang tua, dan kelompok kekerabatannya; pemeliharaan anak yatim-piatu dan pengangkatan anak; perkawinan dan pewarisan, perjanjian-perjanjian dengan obyek tanah, yang bersangkutan dengan tanah dan benda-benda selain tanah serta jasa.
  33. HKU 3024 Hukum Keluarga dan Harta Kekayaan (3 SKS). Hukum harta kekayaan adalah hukum yang mengatur segala sesuatu yang merupakan harta kekayaan seseorang yang mempunyai nilai uang. Pembahasannya meliputi hukum perjanjian, hukum jaminan, hukum harta kekayaan dalam perkawinan, dan hukum waris.
  34. HKU 2025 Hukum Perniagaan Internasional (3 SKS). Membicarakan sejarah, prinsip, subyek, obyek, hak dan kewajiban yang timbul dari hubungan hukum di bidang pengangkutan, perasuransian, dan cara-cara pembayaran, menurut ketentuan hukum domestik dan internasional yang sehat.
  35. HKU 3026 Hukum Pidana Khusus (4 SKS). Mata kuliah ini membahas mengenai perbuatan pidana, sistim beracara, dan penyimpangan-penyimpangan dalam hukum pidana yang diatur dalam perundang-undangan di luar kodifikasi. Pembahasan diarahkan pada penyimpangan hukum pidana materiil dan formil dari tatanan hukum pidana.
  36. HKU 2027 Hukum Organisasi Internasional (2 SKS). Mata kuliah ini memperdalam pengetahuan hukum internasional dengan fokus organisasi internasional. Perkuliahan menyajikan pengertian dasar hukum organisasi internasional, status hukum, keanggotaan, struktur kelembagaan dan kegiatan organisasi internasional.
  37. HKU 2028 Hukum Perkawinan dan Kewarisan Islam (3 SKS). Perkuliahan ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Hukum Islam, bertujuan memberikan pengetahuan, pengalaman dan cara penyelesaian persoalan-persoalan Hukum Islam di bidang perkawinan, kewarisan, wasiat, hibah, wakaf, sodaqoh dan bidang-bidang hukum Islam lainnya yang berkembang di lingkungan masyarakat Islam.
  38. HKU 3029 Sosiologi Hukum (2 SKS). Mata kuliah ini mempelajari letak Sosiologi di dalam ilmu pengetahuan, tentang masyarakat dan hidup bermasyarakat, kebudayaan dalam masyarakat, perubahan masyarakat dan kehidupan lembaga kemasyarakatan, kelompok sosial, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, kewibawaan, serta proses sosial.
  39. HKU 3030 Hukum dan Teknologi (2 SKS): Diberikan pada waktu perkuliahan
  40. HKU 3031 Hukum Acara Perpajakan (2 SKS). Diberikan pada waktu perkuliahan.
  41. HKU 3032 Hukum Acara Peradilan Agama (2 SKS). Diberikan pada waktu perkuliahan.
  42. HKU 2033 Bahasa Inggris (Hukum) (2 SKS). Memberikan kemampuan memahami dan mengutarakan kembali karya tulis bidang hukum dalam bahasa Inggris melalui pemahaman tentang comprehension, reproduction, sentence analysis dan vocabulary building.
  43. HKU 3034 Etika dan Tanggungjawab Profesi Hukum (2 SKS). Perkuliahan ini memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang norma-norma bagi para pelaksana dan penegak hukum. Dalam kuliah ini akan diberikan materi tentang arti dan definisi etika, obyek dan manfaat serta tujuan etika, arti profesi, norma dan indikator dalam etika, hak dan kewajiban, perihal adil, urgensi hukum dan pelaksanaan hukum, moralitas dalam pelaksanaan hukum, pemberlakuan hukum, norma-norma bagi penegak hukum; kode etik profesi bagi hakim, jaksa, polisi, advokat dan notaris.
  44. HKU 3035 Filsafat Hukum (2 SKS). Perkuliahan filsafat hukum bertujuan untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang hakikat hukum. Dalam kuliah ini akan diberikan materi tentang definisi dan faktor penyebab timbulnya filsafat hukum, landasan dasar dan ruang lingkup serta objek filsafat hukum, tujuan hukum dan filsafat hukum, fungsi dan peranan serta tugas filsafat hukum, terbentuknya hukum dan bentuk-bentuk hukum, sumber-sumber dan asal mula filsafat hukum, filsafat hukum pada berbagai masa, beberapa aliran dalam filsafat hukum, beberapa permasalahan dalam filsafat hukum.
  45. HKU 3036 Hukum dan Hak-hak Asasi Manusia (2 SKS).Membicarakan tentang pengertian hak-hak asasi manusia, sejarah instrumen dan mekanisme penegakan hak-hak asasi manusia (domestik dan internasional), peradilan hak-hak asasi manusia di Indonesia. Dibicarakan pula hubungan antara hak-hak asasi manusia dan kekuasaan negara.
  46. HKU 2037 Metode Penelitian dan Penulisan Hukum (2 SKS). Memberikan pemahaman mengenai proses dan prosedur dalam menemukan kebenaran ilmiah melalui penelitian, yang meliputi pengertian dan fungsi ilmu pengetahuan, penelitian dan metodologi, serta unsur-unsur pokok dalam penelitian.
  47. HKU 3051 – 3065 Mata kuliah PLKH (Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum). Lihat silabi pada bagian PLKH di bawah.
  48. HKU 4099 Penulisan Hukum (4 SKS). Mengikuti ketentuan dan pedoman tersendiri (lihat dalam Buku Panduan FH UGM).
  49. UNU 4500 Kuliah Kerja Nyata (3 SKS). Mengikuti ketentuan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) UGM
About these ads