Posted in 29 Buku Hukum

Argumentasi Hukum

Argumentasi Hukum

Rp. 32.000

Kenyataan menunjukkan bahwa salah satu dampak negatif kekayaan dan kemakmuran adalah merosotnya moral. Kemerosotan moral ini sangat berbahaya, sebab ia mendorong lahirnya berbagai kejahatan dan kekerasan. Tidak heran bila banyak tokoh masyarakat yang menghimbau agar pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama berjuang memelihara moral anak bangsa.

Tetapi, bersamaan dengan perjuangan itu, hukumnya juga harus diperkuat agar lebih responsif dan masuk akal. Kalau ada individu yang terpaksa berbuat jahat atau melakukan kekerasan, ada hukum positif yang bisa memberikan sanksi yang rasional dan adil. Dengan sanksi semacam itu, diharapkan dia kapok berbuat jahat atau melakukan kekerasan.

Buku ini, sebenarnya coba menjelaskan seluk-beluk argumentasi hukum. Penjelasan dimulai dan keberadaan ilmu hukum sebagai ilmu jenis sendiri, diikuti oleh pembahasan tentang logika hukum, uraian tentang dasar argumentasi hukum, diskusi tentang langkah pemecahan masalah hukum dan diakhiri oleh contoh-contoh legal opinion. Dengan semua penjelasan ini kita jadi maklum bahwa setiap individu perlu mengenal argumentasi hukum. Berkat argumentasi hukum itulah seorang individu yang merasa dirugikan bisa menuntut ganti rugi pihak yang merugikannya secara rasional. Berkat argumentasi hukum itu pula seorang individu bisa paham kedudukan hukum dalam menjalani kehidupannya. Tidak terlalu berlebih-lebihan bila buku itu pantas dibaca oleh setiap individu dewasa.

Author:

This is me and this is my life that i choose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s