29 Buku Hukum

Berfilsafat dalam Putusan Hakim (Teori dan Praktik)

Berfilsafat dalam Putusan Hakim (Teori dan Praktik)

Rp. 63.000

Harus diakui banyak putusan hakim yang terlalu normatif dan tidak mencerminkan nilai keadilan, kurang menggali nilai-nilai yang hidup di masyarakat, lebih suka menjadi corong undang-undang dan tidak berani melakukan penemuan hukum dan pembaruan hukum.
Salah satu penyebabnya adalah karena hakim jarang yang mau berpikir falsafati atau menggunakan filsafat hukum dalam putusannya. Padahal keadilan adalah tema utama yang selalu digali dan didiskusikan secara terus menerus oleh para filsuf dalam filsafat hukum. Dibalik teks-teks hukum yang normatif, ada filsafat hukum yang melatari dan menjadi inti dari adanya hukum tersebut, yaitu keadilan. Inti hukum tersebut yang seharusnya dijadikan pegangan oleh semua hakim dalam proses persidangan dan pengambilan putusan.

Jika setiap putusan hakim melalui proses falsafati di atas maka Hakim layak disebut sebagai Filsuf Hukum. Sang filsuf yang tidak hanya bergelut dengan teori-teori filsafat hukum an-sich akan tetapi juga mengamalkan teori-teori tersebut dalam ranah hukum praktis. Berbeda dengan filsuf hukum lainnya yang hanya bergelut di wilayah teori dan tidak pernah berpraktek.

Buku ini menggugah para hakim dan publik agar berpikir falsafati dalam putusannya dan dalam proses penegakan hukum, tidak jumud dalam berpikir, berani melakukan terobosan dan pembaruan hukum dalam penyelesaian sengketa. Buku ini mengkaji secara mendalam problematika penegakan keadilan dalam putusan hakim, penalaran hukum yang seharusnya dipakai oleh hakim, diskursus penegakan keadilan dalam hukum keluarga di Indonesia, konsep pembuatan putusan yang baik serta beberapa contoh putusan sebagai contoh konkret penegakan keadilan dalam putusan hakim.

Kombinasi antara teori dan contoh konkrit serta analisa yang tajam berbasis pengalaman dilapangan merupakan beberapa kelebihan dari buku ini. Buku ini adalah refleksi pengalaman penulis selama mengabdi di Pengadilan Agama sejak tahun 2005. Selama itu, penulis sudah bertugas di 4 (empat) Pengadilan Agama. Dimulai sebagai Calon Hakim di PA Pacitan Jawa Timur (2005 s/d 2008), lalu menjadi Hakim di PA Martapura Kalimanta Selatan (2008 s/d 2011), lalu pindah menjadi Hakim PA Sumbawa Besar NTB (2011 – 2013) dan sejak bulan Agustus 2013 sampai sekarang mutasi tugas sebagai Hakim di PA Kab. Malang Jawa Timur.

KOMENTAR DAN APRESIASI DARI BEBERAPA TOKOH:

“Buku ini sangat menarik, relevan dan kontekstual dengan kondisi kekinian penegakan hukum di Indonesia. Karena tema besar yang diangkat adalah penegakan keadilan dalam putusan hakim. … saya sepakat agar hakim sensitif atas nilai keadilan maka hakim harus digalakkan berpikir falsafati atau menggunakan pendekatan filsafat hukum dalam putusannya.”
(Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH., Hakim Agung dan Ketua Kamar Agama MA RI)

“Saya berharap buku ini bisa menjadi salah satu refrerensi yang bisa dipertimbangkan untuk dibaca oleh semua hakim PA. Saya juga berharap buku ini tidak hanya sekadar karya keilmuan yang berorientasi pada kepuasan ilmiah, tapi lebih dari itu diharapkan bisa menggugah setiap pembacanya, khusunya para Hakim, untuk berani berpikir falsafati dan menggali nilai-nilai keadilan dan menjadikannya sebagai pijakan dalam memeriksa dan memutus perkara.”
(Drs. H. Purwosusilo, SH., MH., Dirjen Badilag MA RI)

“Semoga buah fikiran saudara (baca buku ini) tersosialisasi kepada rekan-rekan hakim pada Pengadilan Agama khususnya dan umat muslimin umumnya. Kami mengapresiasi pemikiran-pemikiran saudara, mudah-mudahan bermanfaat bagi kemajuan hakim pada peradilan agama. Amin”
(Dr. H. Habiburrahman, S.H. MH., Hakim Agung MA RI)

“Bagi rekan-rekan Hakim, jangan sampai tidak memiliki buku ini…”
(Dr. H. Mukhtar Zamzami, S.H. MH., Hakim Agung MA RI)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s