29 Buku Hukum

Hukum Perlindungan Konsumen

Hukum Perlindungan Konsumen

 

Rp. 64.800

Kita semua adalah konsumen (pembeli). Ungkapan “konsumen adalah raja” semestinya diinterpretasikan secara kritis. Namun, pada kenyataannya tidak demikian. Konsumen selalu dikonstruksikan dalam kerangka konsumtif. Akibatnya, cenderung menjadi korban dalam hubungan jual beli dengan produsen.

 

Sekalipun pemerintah telah membuat peraturan perlindungan konsumen. Ditambah lagi dengan peran serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam mempublikasikan hak-hak perlindungan konsumen, namun masih saja terjadi pengabaian terhadap konsumen.

 

Buku ini turut membantu menanamkan kesadaran hak dan perlindungan hukum dan konsumen. Pasal-pasal yang diuraikan dalam buku ini, berikut penjelesannya akan mudah dicerna pembaca, baik dari kalangan akademis, profesional. LSM, organisasi sosial maupun masyarakat umum.

 

Buku Hukum Perlindungan Konsumen ini berisi pasal-pasal undang-undang perlindungan konsumen. Termasuk aturan pelaksanaan yang berupa (1) Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2001 tentang Badan Perlindungan Konsumen Nasional; (2) Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2001 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan perlindungan konsumen; (3) Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2001 tentang Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat; (4) Dan Keputusan Presiden Nomor 90 Tahun 2001 tentang pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.

Keterbatasan dalam memahami suatu undang-undang menjadikan kita sulit untuk mengartikan apa yang dimaksud di dalam undang-undang tersebut, selain itu penjelasan di dalam suatu pasal dapat lebih memberikan kita penjelasan yang memudahkan untuk mempelajarinya, dalam buku ini sangat membantu dalam memberikan tinjauan dalam suatu masalah sehingga mudah untuk mencari dan menghubungkan suatu kejadian dengan keterkaitan dengan penjelasan UU perlindungan konsumen yang dimaksud. dikarenakan penjelasan yang detail dan jelas di dalam buku HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mengambil konsentrasi hukum ekonomi dan bisnis, serta bagi para mahasiswa sekalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s