Posted in 29 Buku Hukum

Hukum Persaingan Usaha: Teori dan Praktiknya di Indonesia

Hukum Persaingan Usaha: Teori dan Praktiknya di Indonesia

 

Rp. 58.500

Ada perbedaan mendasar dari buku ini dengan buku sejenis, yaitu Saudara Mustafa memasukkan unsur Islam dalam persaingan usaha. Berbagai uraian menarik bagaimana Islam mengatur persaingan dapat dibaca dalam Bab II yang berjudul “Monopoli dalam Perspektif Islam”. Disini Saudara Mustafa memperlihatkan betapa Islam telah lama memperkenalkan persaingan yang sehat bagi para pelaku usaha. Hal lain yang menarik dari buku ini adalah pembahasan berbagai larangan dari UU Persaingan Usaha. Pembahasan tidak hanya bersifat teoritis atau sekedar menguraikan pasal-pasal dalam UU Persaingan Usaha, tetapi juga melakukan pembahasan terhadap sejumlah perkara. Karenanya, buku ini patut diapreasiasi karena memberi informasi yang banyak dalam memperkaya pengetahuan tentang hukum persaingan di Indonesia.

Prof Hikmahanto Juwana, SH,LL.M,Ph.D
Guru Besar Hukum Ekonomi dan Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Sungguh, buku ini mempunyai dua nilai “plus” dibanding dengan buku lainnya yang pernah saya temui, pertama, buku ini terbilang lengkap dalam mengurai hukum persaingan usaha yang dilengkapi oleh contoh-contoh kasus yang berasal dari putusan perkara KPPU. Kedua, lebih dari itu, buku ini telah “berani” meramu hukum persaingan usaha dalam perspektif Islam yang selama ini masih “tercecer” dalam literatur-literatur ekonomi Islam. Karenanya, pantaslah buku ini menjadi penting dibaca oleh mahasiswa dan praktisi hukum ekonomi dan tentunya juga bagi penggiat hukum bisnis Islam dan masyarakat luas.

Prof.Dr.Nur Ahmad Fadhil Lubis, M.A
Rektor dan Guru Besar Fakultas Syariah IAIN Sumatera Utara

Sasaran pembaca: mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Syariah serta dosen ataupun anda yang berminat mendalami Hukum Persaingan Usaha.
Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kasus yang diambil dari putusan KPPU dan sekilas tentang hukum persaingan usaha di negara-negara (Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang). Buku terasa lebih lengkap disebabkan beberapa peraturan KPPU yang terbaru juga dimasukkan, seperti notifikasi tentang merger, akuisis dan konsolidasi, keputusan KPPU tentang pedoman pelaksanaan ketentuan pasal 50 huruf b tentang pengecualian penerapan UU No.5 Tahun 1999 terhadap perjanjian yang berkaitan dengan waralaba. Tak hanya itu, buku ini mencoba meramu figh al-muamalah yang berkaitan dengan praktik monopoli dan persaingan usaha.

Daftar Isi

Bab 1. Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
Bab 2. Larangan Tindak Monopoli Dan Persaingan Usaha Yang Terlarang Dalam Perspektif Islam
Bab 3. Pendekatan Hukum Persaingan Usaha
Bab 4. Perjanjian Yang Dilarang
Bab 5. Kegiatan Yang Dilarang
Bab 6. Penyalahgunaan Posisi Dominan ( Abuse Of Dominant Position )
Bab 7. Pengecualian Terhadap Kegiatan Dan Perjanjian Yang Bersifat Monopoli
Bab 8. Hukum Persaingan Usaha Di Beberapa Negara
Bab 9. Penegakan Hukum Persaingan Usaha
Advertisements

Author:

This is me and this is my life that i choose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s