29 Buku Hukum

Modus Operandi Pidana Khusus Di Luar KUHP

Modus Operandi Pidana Khusus Di Luar KUHP

Rp. 46.750

Kejahatan korupsi, pencucian uang (money laundering), dan perdagangan manusia/orang (trafficking) makin marak terjadi di masyarakat kita. Kecanggihan teknologi dan modus operandi yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan ini memang tidak bisa dipisahkan.

Artinya, kejahatan ini tidak berdiri sendiri, memerlukan pelaku lain dan bahkan sebuah jaringan besar (networking). Sebagai contoh kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Kasus-kasus korupsi yang terungkap merupakan korupsi terorganisir, bukan korupsi tunggal.

Umumnya melibatkan banyak pihak  dan  memiliki  pola  tersendiri. Demikian pula halnya dengan kasus pencucian uang (money laundering) dan perdagangan manusia/orang (trafficking) yang tak hanya bersifat lokal, tetapi juga berlangsung internasional (lintas negara).

Buku ini membahas tiga kejahatan tadi dalam hubungannya dengan aturan hukum di Indonesia, KUHP, dan konvensi internasional. Mulai dari sejarah, modus-modus yang digunakan, pencegahan dan pemberantasan hingga sanksi pidana yang dikenakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s