Posted in 29 Buku Hukum

Penjaminan Kredit, Mengantar UKMK Mengakses Pembiayaan

Penjaminan Kredit, Mengantar UKMK Mengakses Pembiayaan

 

Rp. 72.000

“Pemerintah menyadari peranan dari Lembaga Penjaminan Kredit seperti Perum Sarana Pengembangan Usaha sangat instrumental dalam mengurangi kemiskinan dan menanggulangi pengangguran melalui pemberdayaan (empowering) UKMK.  Karena itu buku ini menjadi penting bagi siapa saja yang mempunyai concern terhadap tumbuh dan berkembangnya UKMK di tanah air”. Parikesit Suprapto, Ph.D. (Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Kemitraan Usaha Kecil)

“Tidak banyak buku yang ditulis mengenai penjaminan kredit bagi UKMK di negeri kita.  Buku ini menjadi perlu dibaca oleh para akademisi, praktisi dan kalangan dunia usaha sendiri. Buku ini tidak hanya menguraikan pengalaman penulisnya yang memang sehari-hari bergelut di sekitar penjaminan kredit, namun juga dapat memberikan inspirasi bagi pengembangan UKMK yang menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan Indonesia”. Prof. Erman Rajagukguk, SH, LL.M. Ph.D.(Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia)

“Mempertimbangkan comfort level yang memadai, maka menjadi suatu kenyataan bahwa perbankan di Indonesia masih gamang dalam menyalurkan kredit kepada UKMK apalagi wirausaha baru (start up entrepreneurs), kecuali dengan harga tinggi dan jaminan yang lebih dari cukup.  Oleh karenanya buku ini menjadi perlu dibaca dan selanjutnya dirumuskan dalam program aksi oleh pihak-pihak terkait untuk meningkatkan bankability UKMK dan pencairan kredit perbankan, demi bergeraknya roda perekonomian kita lebih kencang” Winny E. Hassan (Direktur Utama Bank DKI)

”Gagasan reformasi ekonomi haruslah bermuara pada terselenggaranya pemerataan penguasaan aset produktif, terutama menyangkut keterjangkauan kepada sumber pembiayaan.  Usaha kecil dan koperasi yang layak seringkali tidak terlayani, dan inilah pokok persoalan yang dijawab secara kreatif dan cerdas oleh buku ini.  Penulis sudah puluhan tahun berkecimpung di lembaga penjaminan, memahami dan lebih dari itu memihak kepada gagasan keadilan sebagai tugas kemanusiaan. Semoga paparan dan jalan keluar yang ditawar-kan penulis memberikan pencerahan kepada kita semua, dan menunjukkan jalan keluar praktis kepada upaya membangun ekonomi rakyat dan mengangkat martabat rakyat jelata”.  Adi Sasono  (Ketua Dekopin/ Mantan Menteri Koperasi & UKM)

 

 

Author:

This is me and this is my life that i choose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s