Posted in 00 Kata Pengantar

Edisi PhD – The All New Studihukum Blog

Kata Pengantar

Setelah sekian lama kosong dari menulis blog studihukum.wordpress.com pada edisi terakhir Mei 2015, maka dengan berbagai perkembangan dan pertimbangan maka blog studihukum akan dihidupkan kembali. Adapun beberapa alasan yang penting untuk saya kertangkan disini adalah:

  1. Alhamdulillah pada tanggal 10 Maret 2016 saya mendapatkan email yang menyatakan bahwa saya lulus tes wawancara Beasiswa Pendidikan Indonesia – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (BPI – LPDP). Puji Syukur kepada Allah yang telah memberikan saya kesempatan untuk mengejar gelar Ph.D.
  2. Mengingat bahwa dana beasiswa berasal dari duit rakyat maka saya sepenuhnya akan terbuka kepada masyarakat dan negara tentang proses menjalankan studi di dalam maupun di luar negeri. Saya berkomitmen biar semua ilmu yang saya dapatkan saya bisa bagi dengan teman-teman yang ada disini.
  3. Sebagai bentuk pertanggungawab dana dari masyarakat semua pemanfaatkan akan terdokumentasi dalam bentuk posting di blog, mulai dari proses mengumpulkan persyaratan beasiswa, tahap administrasi, tahap wawancara, tahap persiapan keberangkatan dan tahap penelitian PhD.
  4. Alasan keempat, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan s3 merupakan “a dream come true” sejak semester 4, 2004, kuliah S1 di Fakultas Hukum UGM, sudah mengikuti berbagai pemeran pendidikan dan beasiswa yang diselenggarakan oleh berbagai institusi pendidikan dunia seperti, Stuned dari Belanda, British Council dari Inggris dan ADS dari Australia,  namun setiap kali saya mencoba saya selalu gagal Sudah lebih dari 10 tahun saya terus gagal tidak bisa mendapatkan beasiswa, namun karena saya tidak pernah putus asa atau patah semangat “never give up“, selalu mencoba, selalu bangkit agi,  akhirnya ada doa-doa dikabulkan. Ph.D sudah didepan mata.
  5. Namun, perjalanan masih panjang, ini baru permulaan.  4 tahun kedepan saya akan fokus mempelajari hukum terkait dengan kebijakan nasional dan daerah tentang penanggulangan bencana. Sejak tahun 2006 saya sudah sumbangkan tenaga, keringat dan air mata untuk mengabdi di bidang kemanusiaan di Indonesia dengan bekerja dengan beberapa organisasi international seperti International Federation Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) and Japan International Cooperation Agency. Tujuannya adalah untuk membangun kemampuan masyarakat dan pebajat daerah dalam penanggulangan bencana dan mengurangi risiko masyarkat terkena dampak bencana.
  6. Persis 5 tahan yang lalu pada tanggal 11 Maret 2011 terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami di Jepang. Pembejalaran dari kejadian tersebut mengingatkan kita bahwa tsuanmi seperti aceh tahun 2004 bisa terjadi dimanapun kita berada. Indonesia merupakan negara yang berada di lintasan “ring of fire“, oleh karena kita rawan akan gempa bumi, tsunami dan letusan gunung api. Masyarakat Indonesia haris bisa hidup berdampingan dengan bencana dan selalu waspada. Kita bisa belajar dari pengalaman Jepang bagaimana menanggulangi bencana.

Saya tahu masih banyak hal yang kurang tentang blog ini, namun saya akan terus memperbaiki diri, dan memberi kesempatan kepada semua orang untuk bisa belajar tentang hukum di Indonesia. Terima kasih kepada semua follower yang selama ini berkontribusi dalam memberi komentar maupun saran tentang peningkatan mutu dari blog ini. Saya sangat berterima kasih atas masukannya.

Kota Tangerang Selatan, 11 March 2016

 

Mujiburrahman, S.H., M.H.,

P.S. : Next 4 years Ph.D Insyallah 

Author:

This is me and this is my life that i choose

Leave a Reply

