00 Kata Pengantar

Studi Hukum Versi 2018

Kata Pengantar 

Selamat tahu baru kepada semua warga di Studihukum semoga tahun ini bisa menjadi tahun penuh dengan pembelajaran tentang hukum. semoga tahun ini kita bisa ada peningkatan pengetahuan dan koneksi antara para sarajana hukum dan masyarakat umumnya.

Pada edisi 2018, akan bahas banyak yang berkaitan dengan hidup di luar negeri dan melakukan penelitian walaupun bukan tentang hukum tapi ini fokus untuk governance (tata kelola) dan desentralisasi akan menjadi bagian sharing pengalaman saya lanjutkan S3 di Charles Darwin University and tinggal di Darwin, Northern Territory, Australia.

Saya berharap bahwa tulisan kedepan akan ditulis seputar 3 hal yaitu:

  1. Beasiswa LPDP – kekurangan dan kelebihannya baik menenjak proses seleksi administrasi, interview, leaderless group discussion, Persiapan keberangkatan, mencari LOA, pindahan universitas, Confirmation of enrollment and Visa.
  2. Perjalanan menuju Ph.D dari tahun 19 February 2018 menjadi 19 February 2022 – pengelaman menulis dan penelitian. Ada dua hal yang pokok disini adalah tentang governance (tata kelola) dan desentralisasi. untuk masalah yang akan diteliti adalah “multi-hazard early warning system” atau peringatan dini multi bahaya di Indonesia. Semoga bagian ini membantu teman teman yang lagi skripsi dan menulis peneltian di bidang hukum maupun kebijakan di Indonesia. Planning lima tahun kedepan.
  3. Pengalaman workshop sejak tahun 2016 – 2017 bersama Yayasan Sayangi Tunas Cilik partner of Save the Children di Indonesia. Pertemuan-pertemuan diatas dapat menjadi bagian langkah nyata kontribusi saya untuk Indonesia.
  4. Kegiatan Lapangan seperti NTT, Aceh, Padang, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali. Kegiatan praktek di dalam pengalaman tanggap darurat, siaga darurat dan penyusunan rencana kontinjensi di berbagai daerah di Indonesia.
  5. Sosial Keagamaan – Semoga bisa menulis tentang kegiatan sosial dan keagamaan selama tinggal di Darwin, Australia.

Semoga tulisan-tulisan diatas akan bermanfaat bagi semua yang tertarik tentang bidang ilmu hukum. Kita mencoba untuk lebih baik lagi untuk tahun 2018.

Serpong, 13 January 2018

 

Mujiburrahman

 

1 thought on “Studi Hukum Versi 2018”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.