00 Kata Pengantar

Edisi – HUT RI Ke-73 – 17 Agustus 2018

Kata Pengantar

Darwin, (17/8) pagi pagi bangun merasa sakit badan, pilek dan batuk. Tidak kuat untuk berangkat pagi untuk menyaksikan upacara bendara di Konsulat RI di Darwin.  Tidak ada kendaraan,  masih harus naik bis dari kampus menuju pusat kota Darwin. Karena tidak kuat tidur kembali. Terdapat kabar dari teman bahwa pada saat upcara bendera

Setelah agak siangan, membuka whatsapp, ada teman dari Aceh bernama Chaidir yang bertugas di Lombok utara untuk tangani korban bencana gempa bumi. Pagi-pagi anak anak dan para pengungsi melaksankan upacara bendera di tempat penungsian, Desa Santong, Kecamatan Kayangan di Lombok Utara. Salut pada mereka yang tangguh di daerah terkena bencana.

Setelah merasa agak baikan langsung siap siap menuju ke Mesjid untuk Jumatan. Hari ini istimewa karena teman teman yang bergabung dengan Indonesia Islamic Friendship Association (IIFA) melakukan penggalangan dana sebesar $1100 (Australian Dollar)  untuk korban gempa dan diserahkan kepada Kosnulat RI di Darwin sehabis Jumatan. Pada saat yang sama, Islamic Society of Darwin (ISOD) juga melakukan pengumpulan sumbangan untuk korban gempa lombok sehabis jumatan.

Tahun ini merupakan pertama kali merayakan HUT RI di luar negeri, sejak tahun 1999 di Perth, Western Australia. Hampir 20 Tahun yang lalu. Kita harus refleksi apa yang kita sudah buat untuk bangsa dan negara? Apa yang bisa dilakukan untuk melayani masyarakat Indonesia? Diamanapun kita beraada, kita selalu harus mengabdikan diri.  Salah satu lagu kesukaan saya adalah Bagimu Negeri (padamu negeri) oleh Kusbini tahun 1942.  It is the soundtrack of my life. 

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

Untuk mengakhiri hari ini, para mahasiswa yang sedang belajar di Australia yang tergabung dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) mengadakan webinar tentang Kemerdekaan dan Pemuda Zaman Now.

Whats next? besok merupakan pembukaan ASIAN Games 2018. Kupanjatkan doa untuk Indonesia sukses sebagai penyelenggara dan sebagai peserta, semoga menang emas sebanyak banyaknya. Tidak kalah penting, 18 Agustus  2008 merupakan hari lahirnya blog Studihukum.wordpress.com. Blog ini sudah berumur 10 tahun, 1 dekade Whats a milstone. Terima kasih kepada semua follower yang sudah setia mengikuti blog ini. Sejak masa S1 kuliah FH di UGM, Jogja sampai melanjutkan kuliah S2 di MIH UNDIP semarang dan sekarang perjalanan dari melanjutkan S3 di Charles Darwin University program PhD untuk Humantarian, Emergency and Disaster Management (HEDM) dengan biaya dari beasiswa LPDP.

Semoga blog ini bisa tetap bermanfaat dan tetap eksis sampai dengan HUT RI ke 100 pada tahun 2045.

Darwin, 17 Agustus 2018

 

Mujiburrahman

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.