Beasiswa

Panduan Pendaftaran Beasiswa

Saat ini mulai serius kembali untuk meneruskan pendidikan hukum yang lebih tinggi yaitu mencapai Gelar Doktor. Karena keterbatasan anggaran maka pilihan yang terbaik adalah mencari Beasiswa.

Setelah searching di intenet ternyata beasiswa yang cukup membuka kesempatan setiap tahunan adalah beasiswa LPDP. Ini lebih menarik dan lebih mudah dikuti karena dikelola oleh pemerintah Indonesia sendiri. Bukan bergantung pada pemerintah negara lain. Berikut adalah keterangan singkat dengan beasiswa yang patut di coba ini.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktor adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program magister atau program doktor di perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program magister atau program doktor di perguruan tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.

Sasaran pelamar BPI Program Magister dan Doktor adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program magister atau program doktor pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.
Bidang Hukum merupakan salah satu sasaran bidang ilmu BPI Program Magister dan Doktor, sesuai prioritasnya.

Adapun tema prioritas adalah:

1. Kemaritiman,
2.Perikanan,
3.Pertanian,
4.Ketahanan Energi,
5.Ketahanan Pangan,
6.Industri Kreatif,
7.Manajemen Pendidikan,
8.Teknologi Transportasi,
9.Teknologi Pertahanan dan Keamanan,
10Teknologi Informasi dan Komunikasi,
11.Teknologi Kedokteran dan Kesehatan,
12.Keperawatan,
13.Lingkungan Hidup,
14.Keagamaan,
15.Ketrampilan (Vokasional),
16.Ekonomi/Keuangan Syariah,
17.Budaya/Bahasa,
18.Hukum Bisnis Internasiona

 

Sumber: http://www.lpdp.depkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-magister-doktor/

Persyaratan untuk Beasiswa LPDP

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sarjana hukum yang ingin melanjutkan studi s2 ataupun ke jenjang S3 di bidang hukum baik dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa

Habis searching di internet ada satu website yang berhasil membuat saya terkejut dengan mudahnya mendapatkan beasiswa untuk jurusan ilmu hukum baik untuk s1, s2 maupun s3. dari hasil saerch website tersebut terdapat 1241 beasiswa yang ditawarkan melalui 133 institusi.

Website yang khusus mencari beasiswa untuk mahasiswa yaitu hotcources.co.id dengan moto “untuk mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri” Adapun misi Hotcourses adalah membantu pelajar internasional untuk mencari universitas dan program terbaik di luar negeri dengan mudah. Hotcourses memiliki database universitas dan program terbesar di dunia, meliputi informasi lengkap program dan universitas di Amerika, Inggris, Australia, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Belanda, Swedia dan Irlandia.

Anda dapat mencari program dan universitas di situs Hotcourses, kemudian membandingan pilihan Anda, membaca ulasan pelajar internasional lainnya, mengunduh brosur resmi gratis hingga menghubungi langsung universitas pilihan Anda.

Semoga informasi ditas membantu yang anda yang pengen mencari beasiswa di luar negeri.

Sumber:

http://www.hotcourses.co.id/study/international-scholarships/all/qn/law/cid/qid/j/scholarship2.html

Di ujung tahun 2015, saya lebih memantapkan pilihan pada beasiswa dari negara Islandia Baru ‘New Zealand” karena fokus saya kedepan adalah negara negara yang berada diletak “Ring of Fire”. Jepan, Filipina dan Indonesia sudah. TInggal Papua dan Islandia Baru yang belum.

Ada beberapa beasiswa yang menjadi tujuan utama saya di luar negeri yaitu:

  1. New Zealand Aid Program
  2. New Zealand ASEAN Scholar AwardsIndonesia

Sumber: http://www.gostudynewzealand.com/studying-in-new-zealand/funding-your-education/scholarships-in-new-zealand/

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s