35 Tesis

Day 19 in Semarang

Hari ini adalah hari dimana akan ujian lisan sama prof peter. Pagi di perpustakaan MIH UNDIP dan siangnya jumatan di mesjid dekat kampus. Setelah selese langsung ke kampus untuk ujian lisan.

setelah ketemu prof peter langsung ujian lisan dan dapat nilai C. lumayan peningkatan dari nilai E menjadi C maka IPKku naik dari 3.43 menjadi 3.57.

Sorenya langsun ikut kuliah filsafat ilmu sampai jam 8 malam bersama prof sidarta. sudah hampir 4 tahun tidak pernak masuk ruang kelas untuk belajar tentang hukum seperti biasa langsung duduk di paling depan agar mudah untuk mendenger, melihat dan bertanya.

malamnya belajar tentang filsafat ilmu karena besok sepertinya akan ujian open book atau take home test.

35 Tesis

Day 18 in Semarang

Datang ke kampus ke bagian akademik dan tanya pakah sudah ada jadwal siapa yang akan menjadi dosen penguji? eh sudah ada ternyata dan dari 4 doosen yang uji proposal hanya 2 yang masih sama 2 lain lain sudah beda orang.

rencana besok ujian lisan maka harus belajar hukum perdagangan internasional di perpus agar bisa fokus. dari pagi sampe siang belajar di perpus dan mencatat hal hal yang penting tentang Hukum Perdagangan International.

habis capek duduk seharian di perpus maka langsung cari tempat cuci motor dan bengkel. untung aja sekarang tidak tutup karena datang siang bukan sore. disana istirahatkan pikiran dengan melihat motor di cuci dan ke bengkel untuk ganti foot step yang copot.

Malamnya kembali ke kos untuk belajar lagi.

35 Tesis

Day 17 in Semarang

Pagi sampe ke kampus dan langsung ketemu dengan Bu REtno untuk ujian tesis. Dia bilang bisa ikut asal semua nilai sudah keluar. maka senin kita akan jadwalkan ujian tesis dan proposal maka harus persiapan untuk itu.

Siangnya belajar di perpus MIH dengan membaca buku tentang hukum perdagangan international. setelah lewati 4 jam di perpus langsung pulang karena sudah mulai sore. Daripada langsung pulang ke kos mau cuci motor dulu dan beli spare part motor.

saat sampe di tempat cuci motor sudah tutup dan saat tiba di tempat bengkel honda juga tutup. Maka beli burger aja dari pada kecewa dan mungkin besok jangan kesorean untuk cuci motor dan ke bengkel.

Malam tetap belajar hukum perdagangan international karena harus ikut ujian lisan pada hari jumat.

35 Tesis

Day 16 in Semarang

Pagi ini langsung menuju ke SEU undip untuk mengambil nilai teofl. Saat tiba ketemu dengan bu Yusi di bilang kok datangnya pagi banget ini belum jadi nanti siang aja jam 1. Aku oke terima kasih dan nunggu sampai jam 1. Kembali ke bagian akademik karena lupa untuk masukin bab IV tentang penutup kesimpulan dan saran belum di masukin di tempat jilid. Untung aja belum di masukin dan di sebarkan kepada dosen dosen. Maka langsung ke fotokopian untuk jilid ulang tesis yang kurang bab penutup.

Nunggu 30 minit untuk memnongkar kembali tesis, dan jilid kembali untuk kesemua jilid rangkap tesis untuk ujian. Habis selese langsung ke bagian SEU kembali untuk ambil nilai toelf. NIlainya 573 cukup untuk bisa mengikuti ujian tesis namun nilai ini turun dari sebelumnya yaitu 598.

Kembali ke bagian akademik untuk menyerahkan tesis yang sudah di jilid ulang dan persyaratan untuk ikut ujian tesis yaitu nilai teofl. Semua persyaratan sudah lengkap namun yang belum ada ada ketua. Pada tidak ada karena mereka ke jogja semua karena anak prof jeki ujian doctoral di UGM. Besok coba cek apakah bisa ujian tesis hari senin.

Maka semua sudah selesai tinggal nunggu jawab dan ibu retno. Bisa pulang ke kos dan mulai belajar kembali tentang hukum perdangan international dan filsafat hukum.

35 Tesis

Day 15 in Semarang

Hari ini dah siap mau ujian hukum perdagangan international namun saat tiba di kampus pak manto yang urus ujian lagi minta izin keluar karena anaknya sakit dan perlu ke rumah sakit. Maka sepertinya tidak jadi ujian hari ini. Langsung menuju seu di undip untuk urus toefl.

Pertama datang ada banyak orang mau masuk pintu ruangan lab bahasa. Sepertinya ujian toefl akan di laksanakan. Aku langsung tanya apakah aku bisa ujian sekarang dari pada harus nunggu tanggal 16u januari. Antri aja kalo ada yang kosong tinggal masuk aja dengan izin petugasnya. Setelah antri ternyata full dan tidak dapat tempat duduk dan di suruh ikut ujian jam 11.

Masih dua jam nunggu langsung menghadap ke bu yusi untuk apakah bisa urus konversi nilai test internet based toefl menjadi paper based toefl? Ternyata tidak bisa karena tidak memiliki tabel konversi. Sepertinya aku harus ikut test toefl yang jam 11.

Saat nunggu jam 11 kenalan dengan beberapa mahasiswa satu dari tegal dan satunya lagi dari semarang. Sama sama ambil program magsiter di undip dan sama sama mahasiswa lama. Ada yang angkata. 2010 dan ada yang 2011 kalo saya angkatan 2009 lebih senior dari mereka.

Jam 11 lewat kita di perbolehkan masuk dengan tempat duduk yang di sediakan. Ujian berlangsung 2 jam 1 jam untuk listening dan 1 jam lagi untuk structure dan reading. Tidak begitu susah walaupun belum belajar sama sekali. Ada berapa wajah yang cemas karena sudah ; kali ikut ujian dan gagal mencapai nilai 450.

Sudah selese dan langsung ketemu bu yusi lagi dan tanya apakah nilai bisa segara keluar agar bisa di pakai untuk ujian tesis? Dia jawa bolehasia besok datang dan ambil.

Datang ke akadmik untuk cek apakah pak manto dah ke kantor lagi agar bisa ujian ternyata belum. Maka balik ke kos dan mulai lagi belajar t tesis dan presentasi agar tidak grogi di depan para profesor.

Sore hari semarang mulai hujan deres dan beberapa titik mulai banjir meter khususnya dekat wilayah kampus dengan beberapa jalan di tutup. Hanya keluar pake jas hujan untuk makan malam dan segara pulang.

Malamnya surfing di internet dan melihat ada program s3 di universitas mataram. Cukup menarik karena tahun ini akan di tugaskan ke lombok. Karena sudah mulai malam maka langsung tidur.