Pre-Law

Sebelum masuk Fakultas Hukum apa yang harus disiapkan?

  1. Pertama, niat.  Sejak duduk di bangku sekolah harus punya mimpi dan niat akan kuliah di fakultas hukum.
  2. Berusaha sekuat tenaga dengan mengikuti bimbingan belajar diluar jam sekolah
  3. Ikuti Ujian masuk perguruan tinggi yang ada Fakultas Hukumnya
  4. Berdoa, beribadah dan puasa

Ini tahap tahap yang saya lalui untuk bisa keterima di fakultas hukum Universitas Gajah Mada.

Sejak masuk IPS di kelas 3 di SMU N 6 Yogyakarta saya langsung pengen masuk ke Fakultas Hukum UGM. Itulah mimpi saya waktu duduk di bangku sekolah. Mengikuti jejak Sri Sultan HB ke X, alumni SMU N 6 dan juga mahasiswa dari FH UGM. Setahun penuh fokus untuk meraih mimpi. Hukum sebagai pilihan pertama saat UMPTN. Setiap kali pulang dari sekolah saya selalu lewat kampus FH UGM dan selalu bilang dalam hati saya akan kuliah di sana.

Waktu kenaikan kelas 3 sudah daftar bimbingan belajar di Netron dekat sekolah yang beralamt di Jalan C. Simanjuntak. Dekat agar bisa langsung cabut dari sekolah. Seperti biasa masuk 3 kali seminggu dan ada dua sesi setiap kali pertemuan. Cukup menguras tenaga bimbingan di sore hari karena mudah ngantuk habis sekolah seharian. Tapi waktu sekolah di IPS seperti banyak kelas yang dimajukan dan diberitugas dari pada ada rposes belajar mengajar. Selain bimbingan belajar ada juga les privat di rumah waktu kelas 1 dan 2 SMA yang dilakukan oleh mas Guntur, Mas Jaja dan Mbak Winda.

Di Netron mempelajari banyak trik untuk menjawab soal-soal pilihan ganda dan buku-buku ajarnya cukup lengkap. Namun agar tetap memiliki bank soal yang ampuh untuk melawan saingan. Harus mempunyai bank soal yang paling lengkap. Mulai beli buku-buku soal yang isinya soal-soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri sejak 10 tahun terakhir dengan semua mata pelajaran IPS berwarna Pink. Setelah itu yang berwarna hijau yaitu latihan ujian soal EBTANAS untuk IPS juga. Selain itu Fotokopi latihan buku soal dari teman teman yang ikut bimbingan belajar lainnya dari dari Ganesha Operations, SSC dan Primagama. Setahun penuh hanya betemu dengan soal-soal sampai muntah. Sampai-sampai hapal jawaban untuk soal-soal yang sering dimunculkan. Ikut puluhan kali try out yang ada setiap bulannya.

Pada hari ujian, berangkat menuju Kampus UNY lantai 1, beruntung karena lokasinya cukup dekat dengan rumah. Dua hari pelaksanaan ujian masuk, hari pertama merupakan ujian umum yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Hari kedua tentang mata pelajaran IPS seperti ekonomi, sejarah dan geografi.

Setelah selesai ujian, yang perlu kita lakukan hanyalah doa untuk yang terbaik semoga masuk ke FH UGM. Namun tidak hanya doa saja. Ibadah lainnya juga harus kuat dalam setahun agar bisa fokus pada tujuan dan tidak mudah terganggu oleh godaan-godaan. Oleh karena itu saya mulai rajin puasa, bukan hanya puasa senin-kamis tapi juga puasa nabi daud. Puasa sehari dan sehari tidak. Selain itu, pas ramadan, ikut iktikaf 10 hari terkahir di Mesjid Syuhada agar bisa mendapatkan lailatul qodar agar doa doa pada dikabulkan. Untuk urusan masa depan, kita harus bisa mendapatkan seluruh dukungan yang ada. Untuk ini kita butuh campur tangan atau keajaiban dari Tuhan.

Pada hari pengumuman saya langsung mencari KR surat kabar lokal di Yogyakarta. KR memuat edisi khusus untuk pengumuman hasil penerminaan mahasiswa baru. Dari ribuan nama yang ditulis kecil-kecil, hampir semua halaman penuh dengan nama-nama kecuali iklan universitas lain bagi mahasiswa yang tidak keterima. Satu per satu dibaca secara teliti dan setelah itu ketemu nama saya sendiri. Oh senangnya🙂

Langsung sujud syukur dan memberi tahu orang tua. Mimpi saya terwujud atas hasil kerja keras dan doa semua orang dalam setahun belakangan ini.

5 thoughts on “Pre-Law

  1. mau nanya dong ka . saya kan dari dulu ingin masuk jurusan hukum yah , tapi saya pas sma salah masuk jurusan saya masuknya ipa , kalo mau masuk jurusan hukum harus ekstra belajar otodidak jurusan ips ya ?

  2. @ade ivan fahmi, apa kabar? Semoga masih semangat untuk tetap masuk ke jurusan hukum. Materi yang harus disiapkan adalah materi materi jurusan IPS. Tinggal beli buku bank soal IPS khusus untuk Ujian Masuk di Perguruan Tinggi.

    Kalo mau belajar sendiri secara otodidak silahkan, kalau mau mengikuti bimbingan belajar itu lebih baik.

    Inti cara belajar IPS adalah dengan membaca buku dan berdiskusi dengan teman-teman.
    Semoga jawaban ini cukup membantu.

  3. Kak mau tanya ya kak….
    saya sekarang sekolah di smk bisman yang notabene-nya nggak ada ada basic ilmu sosial..tapi saya kepingin masuk fakultas hukum…kira kira tips ampuh untuk mengejar ketertinggalan itu apa aja ya kak…selain itu cara pilih PTN terutama untuk FH nya apa aja ya kak? Terima kasih

  4. Makasih ka cukup membantu ko . Mau nanya lagi dong ka , kalo prospek kerja hukum di kejaksaan itu peluangnya besar engga ka ? Soalnya yg saya denger kalo anak jaksa itu gampang masuk kejaksaan , tapi kalo anak orang biasa susah masuk kejaksaan ka . Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s