Tanya Jawab

Halaman ini Berisi Tanya Jawab untuk Hukum mulai dari A – Z tanya sepuashnya dan jawab sepuasnya.

Tanya Jawab Hukumonline.com

 

35 thoughts on “Tanya Jawab”

  1. apakah ada aturan ketenagakerjaan tentang hari libur nasional (pemerintah), kl libur (tgl merah) ada pemotongan gaji (u.mkn,trsp) oleh perusahaan…?

  2. DALAM SEBUAH KASUS TINDAK PIDANA, SALAH SATU KARYAWAN PERUSAHAAN YANG DITUDUH MELAKUKAN PENCURIAN BARANG DIPERUSAHAAN,KEMUDIAN PIHAK PERUSAHAAN MELAPORKAN SIKARYAWAN TERSEBUT KEPIHAK KEPOLISIAN. KEMUDIAN PIHAK KEPOLISIAN TERSEBUT MELIMPAHKAN BERKAS PENGADUAN SAMPAI KEPENGADILAN. HANYA SAJA, HASIL DARI PUTUSAN HAKIM PENGADILAN,KARYAWAN TERSEBUT BEBAS,KARENA PIHAK PERUSAHAAN TIDAK DAPAT MEMBERIKAN BUKTI YANG KUAT UNTUK MENYATAKAN KARYAWAN ITU TELAH MELAKUKAN PENCURIAN DIPERUSAHAAN. PERTANYAANNYA,,ANALISA SEPERTI APA YANG DIGUNAKAN HAKIM SEHINGGA KARYAWAN DIPTUS BEBAS, DAN BAGAIMANA BENTUK LAPORAN YANG TELAH DILIMPAHKAN PIHAK KEPOLISIAN KEPENGADILAN? APAKAH ADA LAPORAN YANG SUDAH DINYATAKAN POLISI MASUK KATEGORI PIDANA BERAKHIR DEMIKIAN…..DIMANA KEADILAN HUKUM NYA?

  3. DI Dalam suatu bank, karyawan bank mempunyai 2 rekening simpanan : rekening gaji, rekening pribadi. pada suatu ketika auditor intern bank memeriksa, apakah boleh seorang editor memeriksa, melihat, bahkan mencetak tanpa seizin rekening pribadi pegawai bank tersebut…?
    apakah setiap pegawai bank tidak mempunyai hak pribadi seperti nasabah lainnya, yaitu mempunyai hak di lindungi kerahasian rekeningnya, dan tidak boleh di sebar luaskan (rahasia bank).
    apakah ada undang undang perbankan yang menyebutkan aturan tentang kerahaisan nasabah penyimpan tersebut di atas, mohon di share ? terima kasih

  4. saya mau tanya apakah pengancaman pemerkosaan bisa di pidana.pasalnya mantan pacar saya mengancam akan membuat adik saya tidak perawan lagi.secara tidak langsung itu sama aja dengan pengancaman pemerkosaan kan.hal ini karena dulu kami pernah melakukan hubungan tapi itu semua didasari suka sama suka,tetapi kebanyakan saya sendiri yang selalu di paksa untuk dan agar mau melakukan itu,karena apabila saya tidak mau si cewe atau pacar saya itu dulu selalu mengancam akan bunuh diri atau hal lainnnya,,
    dan tahun kemari mantan saya melaporkan saya ke kantor polisi dan ada sedikit penjelasan dari pperwakilan keluarganya kalo di cewe untuk di nikahi tidak mau hanya meminta ganti rugi sebanyak Rp 20.000.000 dan apabila saya tidak menyanggupinya maka saya akan di tahan,tetapi setelah selang 1 bulan ternyata tidak ada lagi yang menagih uang lagi,dari situ saya hanya beranggapan semua itu hanya permainan.dan ternyata benar itu semua permainan dengan aparat.apak semua itu termasuk kejahatan juga.mohon jawabannya terima kasih

  5. Saya mau tanya.. dalam masalah yang saya hadapi adalah masalah Boss Venture dimana downline saya menuntut kepada saya tentang penggelapan uang yg ditransfer kepada saya. Padahal uang tsb sudah disetorkan ke rek BV dan downline saya juga sudah dapat komisi atas perekrutan member baru.sekarang saat BV dikatakan bermasalah,dia ingin menuntut saya atas ganti rugi semua biaya yg ditransferkan ke saya dengan tuduhan penipuan. Kira2 bagaimana ya masalah ini.mohon masukannya..saya jadi bingung.

  6. jika Seorang Pria PNS selingkuh dengan teman sekerjanya yang sudah punya suami (satu instansi) apakah hukumannya?

  7. Saya pernah ada kasus pasal 372 kuhp hukuman 2.5 thn.bebas thn.2010.dan sekarang korban yg saya memperkarakan saya ingin menuntut kembali.uang dan mobilnya sedangkan saya sdh menebus nya dgn hukuman 2.5 thn. Karena mereka anggota aparat tni bisa saja mengancam atau menculik saya spt waktu itu.saya sempat diculik dan dipukuli sebelah

  8. Sebelum.Saya diserahkan ke.polisi.bila hal.itu terjadi lagi apa yg harus saya lakukan.krn mereka Kan meneror saya dan keluarg a saya.terima kasih

  9. Bisakah kita menuntut depcolektor..sebab karena intimidasi dan pemerasan,tekanan yang dilakukan depcolektor pada ayah saya..hingga kini ayah saya terkena serangan jantung dan sampai gagal ginjal karena ulah depcoletor tersebut..apa yang bisa saya lakukan?

  10. saya ingin bertanya…
    teman saya dibwah umur (prempuan)berpacaran dgn seorang pria yg brumur 26th..
    ia dicabuli lalu menuntut..
    tp sebelumx saat pacaran mereka ada foto cium pipi.. teman sya share di instagram..
    mungkin karna keluargax gda jalan lain krna kluaga tmn saya g bisa tarik tuntutan..
    lali pihak laki2 ingin menuntut balik atas dasar foto tersebut.. foto tmn saya mencium pipi laki2 itu (saat pacaran)
    yg ingim kmi ketahuo adalah.. apakah itu termasuk dlm uu hukum? sedangkan laki2 itu tidak dlm perlindungan anak.. melainx teman saya yg dibawah umur..

  11. Pagi pak saya Muhammad rosyad
    saya mau mengajukan pertanyaan ,Apakah pekerja yang mangkir sesuai pasal 168 UUK berhak atas uang pesangon sebesar 4 (empat) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2) UU Ketenagakerjaan, uang penghargaan masa kerja sebesar 2(dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3) UU Ketenagakerjaan, dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).karena masa kerja lebih dari 3 tahun(41 bulan)
    dan saya minta tolong, berapakah pesangon yang saya dapatkan dengan gaji pokok bulan maret 2016 naik menjadi Rp 3.085.000,- dan sebelumnya Rp 2.795.000,- ,? Terima kasih atas Bantuan nya

  12. Jika ada bangunan pemerintah daerah setelah dibangun, tidak dapat berfungsi / digunakan / fisik bangunannya baik, tetapi tidak difungsikan apakah pemerintah daerah tersebut bisa dikenakan pidana, pasal berapa yang mengaturnya ?

  13. pertanyaan : apakah jaminan perlindungan , baik jaminan kecelekaan atau kematian bagi polisi hutan atau ppns manakala diancam atau dilukai sewaktu proses penyidikan ?

  14. Saya mau tanya, masuk 2 tahun saya bekerja saya masi berstatus kryawan kontrak seingat saya sudah 3 kali menandatangani kontrak selama waktu 2 thn, mnurut saya pekerjaan yg saya jabat pekerjaan yg continue atau terus menerus tidak musiman seperi yg dimaksud PKWTT. Sedangkan perusahaan saya mensyaratkan untuk diangkat menjadi karyawan tetap/pkwtt harus bekerja ninimum 3 thun masa kerja.
    1. Berdasarkan UU Apakah saya sdh bisa berstatus karyawan tetap walau blm bekerja selama 3 tahun, atau tidak, krna pekerjaan saya pekerjaan yg continue?

  15. Selamat malam pak mohon pencerahannya.saya eko saya mau tanya….? Adik saya bekerja sebagai depkolektor di sebuah perusahaan lising di purwakarta.nah adik saya itu memakai dana yg disetorkan nasabah untuk biaya sehari hari tak terasa sehingga mencapai nominal 35jt.lalu pihak kantornya melaporkan ke pores purwakarta, dan adik saya menyerahkan diri ke pores purwakarta.( nama adik saya eriek suryodipuro)karena eko sebagai keluarga tidak bisa membantu ato melunasi hutang dan tidak ada kebijaksanaan dari pihak perusahaan.terpaksa adik saya di tahan di pores purwakarta. Yang menjadi pertanyaan saya dari pihak keluarga
    1.perlukah adik saya di dampingi seorang pengacara dari LBH
    2. Apa dampaknya bila adik saya sebagai tersangka tidak di dampingi pengacara
    Terus terang kita dari pihak keluarga sudah tidak punya dana untuk dana operasional seorang pengacara dari LBH. Terimakasih mohon pencerahannya

  16. jenis sengketa yg bagaimana di selesaikan dalam arbitrase, mediasi, konsiliasi dan negosiasi? apakah ada minimum harga untuk memasukkan ke dalam arbitrase, mediasi, konsiliasi dan negosiasi? apa yang membedakan antara arbitrase, mediasi, konsiliasi dan negosiasi?

  17. Assalamualaikum
    Selamat pagi selamat beraktifitas
    Mau minta pencerahan dan masukannya
    Jika dalam sebuah pekerjaan kita sudah tanda tangan kontrak dan sampai kontrak menjelang habis belum juga kerja apakah seorang pekerja mendapatkan gaji atau kompensasi atau tidak ?

  18. mama saya kepala arisan dan ada beberapa yg kabur dan mama saya harus menganti orang apa ada solusinya?
    ada pun yg mengembok rumah apa ada hukumnya
    pada saat rumah saya di gembok papa saya melihat kedepan lewat pintu samping dan dikiranya sudah gak ada orang lalu di gerinda gemboknya lalu tiba tiba si pelaku datang memukul dengan payung dan berusaha merebut gerinda lalu mengenai tangan sipelaku langsung ke polsek menuntut papa saya
    ada solusi?
    lalu pun ada yg memakai lembaga kpk menagih hutang ingin menyita barang dirumah
    apa ada solusi untuk masalah saya

  19. Selamat siang nara sumber yg saya hormati.
    Saya mau tanya masalah status pemutusan hub.kerja saya. Dlm hal ini saya merasa adanya tekanan/ desakan thdp saya untk membuat surat pemgunduran diri dari perusahaan ditmpat saya bekerja.
    Hal tersebut lataran karna saya baru mengikuti test tenaga kontrak daerah di kabupaten, namun saya telah menjelaskan kepda personalia bahwa saya masih sepenuh hati bekerja di Rsu Serukam tersebut. Nah yang saya mau tanyakan, apkah saya termasuk di PHK atw saya dianggap mengundurkan diri? Terimakasih

  20. Bagaimana jika diantara peraturan tersebut Tidak konsisten ,peraturan yang manakah yang Akan dipergunakan?

  21. Mohon petunjuk : ada teman saya di permalukan dengan temannya(kerja) padahal orang tersebut sebelumnya sudah di tolong sama teman saya karna orang tersebut itu selingkuh sama JANDA, nah teman saya ini disuruh sama temannya kalau ISTRInya bertanya apakah SUAMI saya selingkuh, bilang ngakunya JANDA itu pacar saya.
    Tapi teman saya tidak terima karena di tuduh yang ajari main cewek, karena temannya itu sudah di peringatkan sudah jangan di lanjutkan karna ISTRI DAN OMnya sudah nelfon ke saya, terus temannya itu bilang iya saya tidak lanjut padahal di belakang temanku dia sama janda masih jalan, di peringatkan lagi sama temanku karna temanku sering di kabari sama ISTRI KELUARGANYA. Tapi temannya ini JAWABANNYA SUDAH JANGAN IKUT CAMPUR Maka dari itu teman saya mendatangi orang tersebut beserta teman-temannya cuman menanyakan kenapa kamu menjelekan saya juga ke teman yang lain padahal saya sudah bantu kau. Tapi temannya temanku ini (yang menemani dia ketemu) tidak terima sudah di bantu malah menjelekan di situ temannya temanku memukul sampai berdarah.
    KASUS APA YANG TERJERAT temannya temanku ini mohon responya.

    #maaf kalau berbelit dan kurang paham

  22. Apakah firma bisa membeli barang (mobil, tanah, dll) dengan nama firma itu sendiri? Contohnya sebuah firma dagang yg menjual minuman kopi, apakah firma tersebut membeli bahan mentah dengan nama firma atau nama pemilik/perseorangan?

  23. Karyawan saya sedang sakit.. atasan dari perusahaan saya meminta surat keterangan sakit agar karyawan tersebut bisa dibayar selama masa pemulihan.. karyawan tsb pun meminta surat keterangan sakit pda dokter.. tetapi atsan dari perusahaan saya tidak mnyetujui atau tidak mngesahkan surat tersebut dikarenakan tidak ada ny stempel pada tanda tangan dokter tsb.. tapi, stempel dicantumkan pada bagian atas kertas.. apakah surat izin sakit tsb sah??

  24. Tuan Ahmad dan Tuan Burhan sama – sama mempunyai perusahaan dan melakukan kerja sama dalam bidang produksi makanan ringan untuk ibu hamil. Dalam perjanjian tersebut, dalam pasal 23 tercantum apabila terjadi perselisihan diantara mereka maka yang pertama akan diselesaikan melalui musyawarah terlebih dahulu, dan yang kedua apabila tidak dapat menemukan penyelesaian maka akan diselesaikan melalui arbitrase. Pada tahun 2020 usaha mereka mengalami masalah dimana pihak produksi (Tuan Ahmad), memproduksi makanan tersebut dibawah standar dan mengakibatkan kerugian besar bagi usaha mereka.
    Pertanyaan.
    Berilah alasan di setiap jawaban saudara.
    1. Bagaimana cara penyelesaian sengketa antara tuan Ahmad dan tuan Burhan.
    2. Jika sengketa tersebut diselesaikan melalui Hukum Acara Perdata, bagaimana cara proses penyelesaiannya ?
    3. Apakah sengketa Tuan Ahmad dan Tuan Burhan dapat diselesaikan melalui PTUN ?
    4. Langkah apakah yang dapat dilakukan kedua belah pihak dalam menyelesaikan sengketanya ?

  25. Contoh kasus:
    1. Yudas meminta pada iskariot untuk menjatuhkan sebuah benda berat dari ketinggian (lantai 3) dengan maksud membunuh lucifer. Menuruti permintaan Yudas tersebut dengan maksud yang sama tetapi juga tanpa memastikan apakah perbuatan demikian dapat membahayakan lucifer. Jika lucifer mati siapakah yang dapat dipandang?

  26. Mau tanya apabila ada seorang anak mengancam ibu kandung nya sendiri mengenai hak waris atau secara tidak langsung untuk menjual harta atau tanah dengan terus menerus dan berulang ulang…sehingga membuat ibu tersebut sakit sakitan. Apakah itu termasuk kasus pengancaman dan apakah bisa di kategorikan sebagai tindakan kriminal dan bisa di usut dan di pidanakan ? Mohon penjelasan nya

  27. Bagaimana sebuah kebiasaan yang tidak tertulis yang kemudian dapat menjadi sebuah norma hukum yang tidak tertulis ?

  28. maaf saya kurang faham hukum.
    ceritanha sya kemalingan hp dan alhamdulilah hp sudah saya dapatkan berkat gps track.
    dan warga disana melapor polisi dan menyuruh sya untuk melanjutkan ke jalur hukum .
    karna sya kasian sya cabut tuntutan pas polisi menanyakan kembali apa mau dilanjut.
    singkat cerita. beberapa hari si pelaku sudah dibebaskan dan sya dapat kabar bukan dari polisi melainkan keluarga pelaku bahwa yg mencuri sudah bebas dan km disuruh polisi ke kantor ambil hp sya yg dijadikan barang bukti. karna merasa tidak logis dan sesuai janji polisi nanti dari polisi dikabarin kalau hp sudah bisa di ambil. .nah sudah 3 minggu semenjak dibebasin si pelaku. sya belum dapat kabar dari polisi. dan saya inisiatif datang kekantor tetapi kata orang kantor semua yg ngurusin kasus km kena covid. dari situ sya minta tolong diambilkan hp sya tapi dibilang nanti sja karna kunci berkas di beliau. dan saya mencoba minta no kontak orang yg ngurus berkas sya tetapi polisi kekeh bilang nanti dikabarin. padahal sya butuh juga hp tersebut karna ada data yg perlu sya lihat di hp tersebut.
    .
    dan tambahan yg aneh entah itu di buat keluarga pelaku. mereka bilang ditagih uang ganti rugi korban 3 jt’apa uang tersebut milik saya atau siapa

  29. aku punya masalah pribadi sama temen aku,masalahnya sepele tapi dia terus koar koar masalahnya,sampe upload foto aku ke sosmed buat nyebarin kebencian,dan pas aku tau itu aku ga terima,apa aku bisa tuntut lewat jalur hukum?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.