18 thoughts on “Tanya Jawab”

  1. apakah ada aturan ketenagakerjaan tentang hari libur nasional (pemerintah), kl libur (tgl merah) ada pemotongan gaji (u.mkn,trsp) oleh perusahaan…?

  2. DALAM SEBUAH KASUS TINDAK PIDANA, SALAH SATU KARYAWAN PERUSAHAAN YANG DITUDUH MELAKUKAN PENCURIAN BARANG DIPERUSAHAAN,KEMUDIAN PIHAK PERUSAHAAN MELAPORKAN SIKARYAWAN TERSEBUT KEPIHAK KEPOLISIAN. KEMUDIAN PIHAK KEPOLISIAN TERSEBUT MELIMPAHKAN BERKAS PENGADUAN SAMPAI KEPENGADILAN. HANYA SAJA, HASIL DARI PUTUSAN HAKIM PENGADILAN,KARYAWAN TERSEBUT BEBAS,KARENA PIHAK PERUSAHAAN TIDAK DAPAT MEMBERIKAN BUKTI YANG KUAT UNTUK MENYATAKAN KARYAWAN ITU TELAH MELAKUKAN PENCURIAN DIPERUSAHAAN. PERTANYAANNYA,,ANALISA SEPERTI APA YANG DIGUNAKAN HAKIM SEHINGGA KARYAWAN DIPTUS BEBAS, DAN BAGAIMANA BENTUK LAPORAN YANG TELAH DILIMPAHKAN PIHAK KEPOLISIAN KEPENGADILAN? APAKAH ADA LAPORAN YANG SUDAH DINYATAKAN POLISI MASUK KATEGORI PIDANA BERAKHIR DEMIKIAN…..DIMANA KEADILAN HUKUM NYA?

  3. DI Dalam suatu bank, karyawan bank mempunyai 2 rekening simpanan : rekening gaji, rekening pribadi. pada suatu ketika auditor intern bank memeriksa, apakah boleh seorang editor memeriksa, melihat, bahkan mencetak tanpa seizin rekening pribadi pegawai bank tersebut…?
    apakah setiap pegawai bank tidak mempunyai hak pribadi seperti nasabah lainnya, yaitu mempunyai hak di lindungi kerahasian rekeningnya, dan tidak boleh di sebar luaskan (rahasia bank).
    apakah ada undang undang perbankan yang menyebutkan aturan tentang kerahaisan nasabah penyimpan tersebut di atas, mohon di share ? terima kasih

  4. saya mau tanya apakah pengancaman pemerkosaan bisa di pidana.pasalnya mantan pacar saya mengancam akan membuat adik saya tidak perawan lagi.secara tidak langsung itu sama aja dengan pengancaman pemerkosaan kan.hal ini karena dulu kami pernah melakukan hubungan tapi itu semua didasari suka sama suka,tetapi kebanyakan saya sendiri yang selalu di paksa untuk dan agar mau melakukan itu,karena apabila saya tidak mau si cewe atau pacar saya itu dulu selalu mengancam akan bunuh diri atau hal lainnnya,,
    dan tahun kemari mantan saya melaporkan saya ke kantor polisi dan ada sedikit penjelasan dari pperwakilan keluarganya kalo di cewe untuk di nikahi tidak mau hanya meminta ganti rugi sebanyak Rp 20.000.000 dan apabila saya tidak menyanggupinya maka saya akan di tahan,tetapi setelah selang 1 bulan ternyata tidak ada lagi yang menagih uang lagi,dari situ saya hanya beranggapan semua itu hanya permainan.dan ternyata benar itu semua permainan dengan aparat.apak semua itu termasuk kejahatan juga.mohon jawabannya terima kasih

  5. Saya mau tanya.. dalam masalah yang saya hadapi adalah masalah Boss Venture dimana downline saya menuntut kepada saya tentang penggelapan uang yg ditransfer kepada saya. Padahal uang tsb sudah disetorkan ke rek BV dan downline saya juga sudah dapat komisi atas perekrutan member baru.sekarang saat BV dikatakan bermasalah,dia ingin menuntut saya atas ganti rugi semua biaya yg ditransferkan ke saya dengan tuduhan penipuan. Kira2 bagaimana ya masalah ini.mohon masukannya..saya jadi bingung.

  6. jika Seorang Pria PNS selingkuh dengan teman sekerjanya yang sudah punya suami (satu instansi) apakah hukumannya?

  7. Saya pernah ada kasus pasal 372 kuhp hukuman 2.5 thn.bebas thn.2010.dan sekarang korban yg saya memperkarakan saya ingin menuntut kembali.uang dan mobilnya sedangkan saya sdh menebus nya dgn hukuman 2.5 thn. Karena mereka anggota aparat tni bisa saja mengancam atau menculik saya spt waktu itu.saya sempat diculik dan dipukuli sebelah

  8. Sebelum.Saya diserahkan ke.polisi.bila hal.itu terjadi lagi apa yg harus saya lakukan.krn mereka Kan meneror saya dan keluarg a saya.terima kasih

  9. Bisakah kita menuntut depcolektor..sebab karena intimidasi dan pemerasan,tekanan yang dilakukan depcolektor pada ayah saya..hingga kini ayah saya terkena serangan jantung dan sampai gagal ginjal karena ulah depcoletor tersebut..apa yang bisa saya lakukan?

  10. saya ingin bertanya…
    teman saya dibwah umur (prempuan)berpacaran dgn seorang pria yg brumur 26th..
    ia dicabuli lalu menuntut..
    tp sebelumx saat pacaran mereka ada foto cium pipi.. teman sya share di instagram..
    mungkin karna keluargax gda jalan lain krna kluaga tmn saya g bisa tarik tuntutan..
    lali pihak laki2 ingin menuntut balik atas dasar foto tersebut.. foto tmn saya mencium pipi laki2 itu (saat pacaran)
    yg ingim kmi ketahuo adalah.. apakah itu termasuk dlm uu hukum? sedangkan laki2 itu tidak dlm perlindungan anak.. melainx teman saya yg dibawah umur..

  11. Pagi pak saya Muhammad rosyad
    saya mau mengajukan pertanyaan ,Apakah pekerja yang mangkir sesuai pasal 168 UUK berhak atas uang pesangon sebesar 4 (empat) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2) UU Ketenagakerjaan, uang penghargaan masa kerja sebesar 2(dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3) UU Ketenagakerjaan, dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).karena masa kerja lebih dari 3 tahun(41 bulan)
    dan saya minta tolong, berapakah pesangon yang saya dapatkan dengan gaji pokok bulan maret 2016 naik menjadi Rp 3.085.000,- dan sebelumnya Rp 2.795.000,- ,? Terima kasih atas Bantuan nya

  12. Jika ada bangunan pemerintah daerah setelah dibangun, tidak dapat berfungsi / digunakan / fisik bangunannya baik, tetapi tidak difungsikan apakah pemerintah daerah tersebut bisa dikenakan pidana, pasal berapa yang mengaturnya ?

  13. pertanyaan : apakah jaminan perlindungan , baik jaminan kecelekaan atau kematian bagi polisi hutan atau ppns manakala diancam atau dilukai sewaktu proses penyidikan ?

  14. Saya mau tanya, masuk 2 tahun saya bekerja saya masi berstatus kryawan kontrak seingat saya sudah 3 kali menandatangani kontrak selama waktu 2 thn, mnurut saya pekerjaan yg saya jabat pekerjaan yg continue atau terus menerus tidak musiman seperi yg dimaksud PKWTT. Sedangkan perusahaan saya mensyaratkan untuk diangkat menjadi karyawan tetap/pkwtt harus bekerja ninimum 3 thun masa kerja.
    1. Berdasarkan UU Apakah saya sdh bisa berstatus karyawan tetap walau blm bekerja selama 3 tahun, atau tidak, krna pekerjaan saya pekerjaan yg continue?

  15. Selamat malam pak mohon pencerahannya.saya eko saya mau tanya….? Adik saya bekerja sebagai depkolektor di sebuah perusahaan lising di purwakarta.nah adik saya itu memakai dana yg disetorkan nasabah untuk biaya sehari hari tak terasa sehingga mencapai nominal 35jt.lalu pihak kantornya melaporkan ke pores purwakarta, dan adik saya menyerahkan diri ke pores purwakarta.( nama adik saya eriek suryodipuro)karena eko sebagai keluarga tidak bisa membantu ato melunasi hutang dan tidak ada kebijaksanaan dari pihak perusahaan.terpaksa adik saya di tahan di pores purwakarta. Yang menjadi pertanyaan saya dari pihak keluarga
    1.perlukah adik saya di dampingi seorang pengacara dari LBH
    2. Apa dampaknya bila adik saya sebagai tersangka tidak di dampingi pengacara
    Terus terang kita dari pihak keluarga sudah tidak punya dana untuk dana operasional seorang pengacara dari LBH. Terimakasih mohon pencerahannya

  16. jenis sengketa yg bagaimana di selesaikan dalam arbitrase, mediasi, konsiliasi dan negosiasi? apakah ada minimum harga untuk memasukkan ke dalam arbitrase, mediasi, konsiliasi dan negosiasi? apa yang membedakan antara arbitrase, mediasi, konsiliasi dan negosiasi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s