Toefl

IMG_5201
Sangat penting untuk bisa bahasa inggris sekarang. Namun bagaimana cara untuk mendapat nilai toefl yang bagus. Hanya ada satu cara yaitu belajar belajar dan belajar. Pada dasarnya ada dua macam test toefl yang bereder di Indonesia. ada yang peper base dan ada yang internet base.

UNtuk yang paper base cukup sederhana dan mudah di pelajari karena hanya ada 3 bagian reading, struktur dan listening. Maka biasanya bisa mendapatkan nilai toefl yang cukup tinggi. Saya sarankan menggunakan buku buku yang banyak agar bisa melatih toefl yang paper base. Rekomendasi punya barons atau longman.

Untuk yang internet based lebih berat karena hanya ada reading, listening, speaking and writing. Harganya lebih mahal juga. Oleh karena itu harus mempersiapkan diri dengan matang.

Sebaiknya untk toefl hanya perlu melatih kelemahanmu saja. Untuk mengetahui kelemahanmu maka butuh tahu dimana yang sering salah. Dari situ kita mulai. Biasanya kita sering salah di bagian itu itu saja. maka kita coba pelajari yang itu itu saja. Tidak perlu mempelajari semua. Dengan sering kita menjawab soal dan latihan maka kita juga sering bisa menyelesaiakan tugas kita.

Tidak ada trik khusus untuk bisa menguasi toefl hanya ada kerja keras.

Toefl untuk Sarjana Hukum

TOEFL adalah Test of English Foreign Language ujian untuk mengukur tingkat kemairan bahasa inggris sebagai bahasa asing. Semakin mengauasi bahasa inggriss maka semakin baik pula hasil dari test TOEFL. Di Indonesia pada umumnya pada jago di bidang reading and structure/grammar dan biasanya “keyok” untuk listening and speaking. Hal ini menunjukan bahwa kita belajar Passive English. KEdepannya kita harus bisa lebih baik dan bisa menggunakan active english, apalagi kalau kita mau beraksi di panggung dunia dimana “English is an International language”. OLeh karena itu apabila kita ingin menjadi aktif dalam ketertiban dunia maka English harus menjadi jembatan untuk peluang peluang di masa yang akan datang mulai dari pendidikan maupun karir dibidang hukum.

Apakah toefl itu penting bagi sarjana hukum?

Rata rata toefl hanya digunakan di kampus sebagai salah satu syarat kelulusan bagi kampus. Toefl harus 450 kalau lulus menjadi sarjana dan 500 kalau mau wisuda magister. Namun apakah hanya itu saja. Manfaat dari mempeljari toefl itu banyak:

  1. Access terhadap text text, journal, law review and referensi dalam bahasa inggriss akan memperkaya pemahaman tentang hukum. Tidak hanya dalam arti yang sempit hukum nasional aja tapi bisa melakukan perbandingan dengan hukum dinegara lain. Membuka wawasan.
  2. Mempermudah mendapatkan beasiswa untuk studi keluar negeri apala memiliki nilai toefl yang tinggi. Rata rata untuk dapat di katakan menguasi English harus mempunyai nilai teofl 600 walaupun 550 adalah standar mminimal untuk mendapatkan beasiswa. Mungkin ada kesempatan untuk masuk ke Harvard atau Cambridge to study and seek for justice.
  3. Active english membuka peluang untuk bekerja di organisasi international and multinasional companies. baik bekerja di sektor kemanusian maupun sebagai legal staff tetap akan dihargai akan mendapatkan kompensasi yang dalam bentuk dollar.
  4. Mengasah bahasa inggris untuk bisa negosiasi, advokasi, lobby,  mengungkapkan pendapat dan mempertahankan argumen secara lisan akan meningkatkan kaliber seorang sarjana hukum “jangan hanya mau jadi jago dalam kandang” tunjukan kemampuanmu agar bisa bermanfaat bagi seluruh alam di seluruh penjuru dunia.

Oleh karena dari argumen di atas maka Toefl itu harus menjadi motivasi dalam mempelajari hukum secara lengkap. Sarjana hukum yang enggan mempeljari bahasa inggriss hanya akan memiliki pandangan hukum yang sempit karena tidak tahu apa yang terjadi di belahan dunia. Adapum buku buku toefl yang bisa bermanfaat untuk dipelajari yaitu:

  1. Longman
  2. Baron
  3. Cliff
  4. Collins

Yang penting disini adalah rajin belajar dan mempunyai motivasi untuk bisa bahasa ingriss bukan karena toelf adalah syarat untuk kelulusan tapi karena teofl bisa membuka pintu peluangan bagi masa depan di bidang hukum.

Pengalaman dengan Toefl

Pertama kali waktu di kelas 2 SMA namun nilai jelek sekali walaupun hanya test prediction tapi itu memberi tahu bahwa ada gambaran ternyata nilai ku untuk gramer dan reading jelek. Kedua kali waktu sudah kampus sebagai syarat kelulusan harus nilai bagus hampir 600 yaitu 597 tapi masih kurang walaupun hanya paper base.

Toefl di Real English (2010)

TErkahir adalah yang resmi untuk coba daftar beasiswa harus bayar mahal Rp 1.700.000 maka belajar serius ini “Internet Based Teofl di Real English dapat nilai 98 masih kurang nilai dua lagi untuk bisa mencapai 100. Kata 100 adalah sama seperti nilai 600 kalau paperbase.

Selain mencoba untuk mengikuti tes toelf juga banyak kesempatan untuk membantu teman teman bisa persiapan test toelf sampai kadang kadang buku di pinjem dan tidak dikembalikan. Ada test teofl untuk persiapan mau ujian akhir sekolah, persiapan teofl untuk test seleksi kerjaan dan persiapan toelf untuk mendapatkan beasiswa.

Trick untuk bisa test toefl dan berhasil adalah harus terbasa dengan soal soal sampai hapal jenis jenis pertanyaan dan permasalahan.

Toelf di SEU UNDIP (2014)

Toefl 450 persyaratan bagi ujian tesis
Saat ini toefl semakin penting untuk bisa lulus dengan nilai baik harus mengikuti ujian toefl. Saat ini di UNDIP ujian toefl di monopoli oleh SEU yaitu Service English Unit. Maka sangat penting bisa lulus dengan nilai toefl yang baik.

Toefl di PT International Test Center (2015) 

5 tahun berikutnya Karena test toelf yang di laksanakan sudah basi maka harus tes kembali apakah ada peningkatan dalam nilai toefl saya. Saya harapakan bisa menembus nilai 100 untuk Toelf IBT.

Alhamdulillah score jadi 103 diatas nilai 100.

Regards

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s